Thursday, February 5, 2015

Dirtek PSSI: Pemain Muda Indonesia Punya Jiwa Petarung


Seputar Timnas - Direktur Teknik PSSI, Pieter Huistra, berpendapat, para pemain muda Indonesia harus belajar teknik dan taktik dasar bermain sepakbola. Sebab, Huistra menyatakan, hal itu yang benar-benar akan membuat mereka menjadi pemain hebat di masa depan.

Setelah melakukan perjalanan ke Maluku, Huistra melihat anak-anak Indonesia memiliki hasrat dan kemauan untuk mejadi pesepakbola. Oleh karena itu, mantan pemain Timnas Belanda ini mengatakan, anak-anak tersebut harus diberikan pelatihan yang tepat sejak dini oleh para pelatih.

“Setelah saya mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, Saya sudah mendapatkan gambaran besarnya di kepala saya. Mereka juga memiliki potensi yang sangat besar,” papar Huistra dalam rilis yang diterima wartawan. 

“Mereka bermain di berbagai macam lapangan, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Tapi harus diingat, mereka tetap harus belajar teknik dan taktik dasar dalam bermain sepak bola terlebih dahulu. Dengan begitu, mereka bisa menjadi pemain hebat,” sambungnya.

Huistra juga mengungkapkan, kekagumannya pada jiwa petarung para pemain muda Indonesia di tengah lapangan yang tidak memenuhi standar di Maluku dan daerah lainnya. Mantan pelatih Groningen ini pun meminta pemain, pelatih, wasit, dan pencari bakat menjadi satu kesatuan untuk perkembangan sepakbola Indonesia yang berujung ke Timnas.

“Mereka punya jiwa petarung untuk bermain sepakbola dan itu adalah hal yang sangat penting. Itu yang saya lihat dan dapatkan saat berkunjung ke sana. Pemain, pelatih, wasit dan pencari bakat harus diberikan pelatihan yang lebih dalam lagi agar bisa memahami tugas dan perannya,” tutur Pieter. [viva]