Monday, January 5, 2015

Inilah Agenda Timnas U-22 dan U-23 Tahun Ini


Seputar Timnas - Tahun 2014 yang penuh pengalaman akhirnya berganti. Seluruh insan di dunia pasti berharap yang terbaik ketika menyambut tahun baru ini, tak terkecuali timnas Indonesia.

Berbicara di hadapan para peserta Kongres PSSI 2015, Minggu 4 Januari WIB, pelatih timnas U-22 dan U-23 Aji Santoso menyatakan kesungguhannya. Ia bertekad siap memperbaiki prestasi minus tim besutannya sambil transparan memaparkan semua rencananya sepanjang tahun ini.

Aji yakin, prestasi anak-anak asuhnya di tahun ini bisa berkembang secara signifikan. Pasalnya, agenda tahun ini tidak ramai dipadati berbagai hari penting lainnya, Misalnya adanya Pemilihan Umum (Pemilu), atau penyelenggaraan Piala Dunia, Brasil tahun lalu.

Berikut adalah agenda lengkap Timnas U-22 dan U-23 sepanjang tahun 2015:  

Timnas U-22
Timnas U-22 hanya diagendakan mengikuti kualifikasi Piala AFC yang bakal terselenggara 23-31 Maret, di Jakarta. Dalam kompetisi ini, Indonesia tergabung dalam grup H bersama Korea Selatan, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Pencapaian yang ditargetkan adalah lolos sebagai juara grup atau runner up terbaik.

Sadar tugas tersebut sebuah tantangan besar, Pemusatan Latihan (TC) pun di fokuskan menjadi tiga tahap dan selalu ditutup dengan beberapa laga uji coba.

Pemusatan Latihan Tahap I baru saja berakhir, karena  terselenggara sejak tanggal 18 Desember 2014 hingga 5 Januari 2015. Saat itu, Aji sempat mengaku sudah menemukan bentuk permainan, namun timnya terpaksa kalah pada laga uji coba kedua kontra Martapura FC.  

Selanjutnya, untuk pemusatan latihan kedua dan ketiga baru ditentukan waktunya saja. Untuk tempat maupun lawan uji coba nanti masih menunggu perkembangan selanjutnya.

Pemusatan Latihan Tahap II, 1- 15 Februari 2015

  • 10 Februari: Laga persahabatan
  • 15 Februari: Laga persahabatan


Pemusatan latihan tahap III, 23 Februari-31 Maret 2015

  • 3 Februari: Laga persahabatan lokal
  • 8 dan 10 Februari: Vietnam vs Indonesia
  • 16 Februari: Laga persahabatan lokal


Timnas U-23
Tahun ini Timnas U-23 hanya memiliki satu agenda yang bobotnya lebih kecil, yakni Sea Games 2015, Singapura. Tidak tanggung-tanggung, pada event yang bakal terselenggara tanggal 6-16 Juni tersebut, Aji menargetkan untuk menjadi juara atau menyabet medali emas.

Sementara itu, untuk sesi latihan maupun laga uji coba timnas u-23 akan dikombinasikan dengan jadwal timnas U-22 yang telah disebutkan di atas.[detik]