Thursday, January 22, 2015

Inilah 11 Nama Dijagokan Bertarung di Pemilihan Ketum PSSI


Seputar Timnas - Komite Pemilihan (KP) Ketua Umum PSSI telah merilis 11 nama bakal calon Ketum PSSI periode 2015-2019. Namun, dari 11 nama ini, baru 3 yang memenuhi kelengkapan administrasi, yakni La Nyalla Mattalitti, Bernhard Limbong, dan Subardi.

Sebelumnya, sudah ada 6 nama yang berpotensi sebagai bakal calon ketum PSSI 2015-2019. Mereka adalah La Nyalla Mattalitti, Djohar Arifin Husin, Bernhard Limbong, Subardi, dan Toni Aprilani. Sedangkan enam nama lain mencuat  setelah KP mengumumkannya secara resmi di kantor PSSI, Kamis 22 Januari 2015.

Keenamnya adalah Erwin Dwi Budiawan, Achsanul Qosasi, Joko Driyono, Muhammad Zein, Sarman, dan Syarief Bastaman. "Cuma La Nyalla, Bernhard Limbong, dan Subardi, yang syarat administrasinya sudah lengkap," kata Ketua KP, Dhimam Abror.

Kandidat-kandidat ini masih diberi waktu untuk melengkapi syarat administrasi hingga 11 Februari 2015 mendatang dan diwajibkan mengisi formulir kesediaan mencalonkan diri. 

KP dijadwalkan masih akan menggelar rapat pada 17 Februari 2015. Sehari kemudian, mereka baru mengumumkan siapa bakal calon Ketum PSSI yang bisa tampil di ajang pemilihan pada Kongres Luar Biasa di Surabaya, 18 April 2015 nanti.

"Bakal calon yang tak lolos verifikasi di Februari nanti masih bisa banding. Komisi Banding akan mengumumkan hasilnya di 19 Maret 2015," ucap Dhimam.

"Satu lagi, nama-nama yang diajukan harus mengisi formulir kesediaan maju sebagai calon Ketum PSSI. Ini penting, karena menyangkut kesanggupan bakal calon untuk bersaing di pemilihan nanti," sambung dia.

Hanya 100 dari 782 anggota PSSI yang mengusulkan "jagoannya". Selain itu, ada juga 4 pengcab (pengurus cabang)  yang bukan anggota PSSI mengusulkan nama.

Selain 11 bakal calon Ketum, KP PSSI sudah menerima 29 nama bakal calon Waketum dan 147 orang bakal calon anggota Komite Eksekutif.
Ada 5 anggota KP yang masuk dalam bursa bakal calon Waketum dan anggota Komite Eksekutif. Mereka adalah Dhimam, Maurice Tuguis, Dwi Irianto, Dr Hidayat, dan Wardi Ashari. 

"Kami semua sepakat untuk tetap berada di KP. Kami tak akan bersaing di pemilihan nanti. Pasalnya, ini amanat Kongres," tegas Maurice.[viva]

Berikut 11 nama Bakal Calon Ketum PSSI:
1. Achsanul Qosasi
2. Bernhard Limbong
3. Toni Aprilani
4. Erwin Dwi Budiawan
5. Subardi
6. Joko Driyono
7. La Nyalla Mattalitti
8. Muhammad Zein
9. Djohar Arifin Husin
10. Sarman
11. Syarif Bastaman