Monday, January 26, 2015

Hamka Hamzah Tak Ngotot Lagi Jadi Bek Timnas


Seputar Timnas - Mantan Timnas Indonesia, Hamka Hamzah sudah melalui usia emasnya. Karena itu, dia tak lagi ngotot mengejar kesempatan untuk tampil bersama timnas.

Sebagai gantinya, Hamka menjagokan dua bek muda timnas saat ini, yakni Hansamu Yama Pranata dan Manahati Lestussen. "Masih banyak bek bagus, seperti Hansamu Yama, Manahati Lestussen. Para pemain U-19 yang ikut TC (training center, red) sama timnas senior kemarin juga bagus-bagus, ditambah pemain U-23," katanya, Sabtu (10/1).

Bagi Hamka, memberikan kesempatan kepada pemain muda menjadi keharusan sebagai proses regenerasi. Menurutnya, sudah waktunya Indonesia memberikan kepercayaan kepada pemain muda. "Mereka harus menjaga diri, agar semakin berkembang," ucap pemain Pusamania Borneo FC tersebut.

Hamka menambahkan, mendapatkan bek masa depan Indonesia bergantung kepada momen. Saat ini, katanya, merupakan waktu yang tepat untuk memberi ruang kepada bek-bek muda untuk tampil. Sebab, ibaratnya kuncup yang sedang tumbuh perlu kesempatan dan pengalaman di laga internasional agar mekar.

Dengan usia yang sudah 32 tahun, kesempatan terakhir Hamka sebenarnya ada pada Piala AFF 2014 lalu. Namun, cedera engkel membuat dia tak bisa memaksakan diri bersaing dengan pemain lain.[jawapos]