Wednesday, January 28, 2015

Bertemu, Kubu PSSI & Kemenpora Akhirnya "Damai" ?


Seputar Timnas - Pertemuan antara kubu PSSI dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akhirnya terjadi pada Rabu 28 Januari 2015 siang. Dalam pertemuan yang digelar di kantor PSSI tersebut, akhirnya kedua belah pihak berdamai dan siap berkolaborasi.

Seperti diketahui, belakangan ini PSSI dan Kemenpora berperang melalui media. Kemenpora, melalui Tim 9, memiliki niat untuk memperbaiki kondisi sepakbola Indonesia.

Niat ini kemudian ditanggapi oleh PSSI. Pihak PSSI khawatir campur tangan Tim 9 akan membawa sepakbola Indonesia ke jurang sanksi FIFA. Pasalnya, Tim 9 merupakan perpanjangan dari tangan pemerintah. Dan sesuai aturan FIFA, pemerintah tak boleh ikut campur dalam urusan sepakbola di dalam federasi.

"Pertemuan tadi hanya membahas masalah visi dan misi dari Kemenpora dan PSSI, menyamakan persepsi. Pada dasarnya, banyak kesamaan. Pertemuan tadi berjalan sangat konstruktif dan lancar," kata Deputi V Bidang Harmonisasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, saat ditemui di kantor PSSI, Jakarta, siang tadi.

"Masalah sebenarnya ada di komunikasi antara PSSI dan Kemenpora. Komisi X DPR RI sudah berpesan kepada kami untuk memperbaikinya. Dan kalau sampai pertemuan ini tak terwujud, kami salah," sambungnya.

Terkait kehadiran Tim 9, Gatot menjelaskan bahwa PSSI sudah menerimanya dengan tangan terbuka. Bahkan, sudah ada kesepakatan untuk melakukan check and balance, jika di salah satu pihak melakukan kesalahan.

"Kebetulan, saya ini anggota Tim 9. Kami luruskan masalah Tim 9 tadi. Saat kami salah, PSSI bisa mengingatkan, begitu juga sebaliknya. Catatannya, Tim 9 tidak pernah mengagendakan untuk membekukan PSSI," tegas Gatot.

Pertemuan antara Tim PSSI dan Kemenpora dimulai pada pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB. Selain Gatot, ada 3 pejabat lain dari Kemenpora yang hadir dalam pertemuan itu.

Mereka adalah Djoko Pekik (Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi), Amun Makmun (Staf Ahli Bidang Informasi dan Komunikasi), dan Edhi Nurindra (Kepala Bidang Organisasi Olahraga Prestasi).

"Pak Menpora tak datang karena ada agenda lain," jelas Gatot.

Sementara itu, pejabat PSSI yang hadir adalah Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, Sekretaris Jenderal Joko Driyono, Erwin Dwi Budiawan, Djamal Aziz (anggota Komite Eksekutif), Rudi Keltjes, dan M Nigara (anggota Komisi Banding PSSI). [viva]