Friday, December 5, 2014

Timnas U-23 Ditarget Lolos ke Piala Asia U-23 2016


Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, optimistis, Indonesia mampu melangkah jauh di AFC Championship U-23, 2016. Bergabung di Grup H bersama Korea  Selatan, Timor Leste, dan Brunei Darussalam, Aji melihat celah untuk lolos babak kualifikasi. 

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi babak kualifikasi Grup H yang akan digelar Maret 2015. Menurut Aji, ini menguntungkan pasukannya.

"Kalau BTN (Badan Tim Nasional) targetkan kita lolos. Tapi, melihat kita tuan rumah, kita  punya peluang lolos," kata Aji , Kamis 4 Desember 2014.

Selain juara grup, lima runner up terbaik yang akan lolos ke AFC U-23 Championship 2016 yang berlangsung di Qatar. Artinya, akan ada 15 tim yang lolos dari babak kualifikasi AFC Championship U-23, satu tim lagi adalah Qatar sebagai tuan rumah.

Menurut Aji, Korea Selatan (Korsel) tentu menjadi tim terkuat di Grup H. Namun, pelatih asal Malang ini memprediksi, Brunei juga bakal menyulitkan anak-anak asuhannya.

"Kalau Korsel pastilah yang paling kuat. Tapi, saya tertarik dengan Brunei, persiapan mereka bagus. Antara Brunei dan Timor Leste, saya lebih waspadai Brunei, karena mereka pnya persiapan panjang," ujar mantan pemain timnas Indonesia itu.

Aji sebenarnya dipercaya PSSI menangani timnas U-23 proyeksi SEA Games 2015. Namun menurut asistennya, M Zein Alhadad, mantan pelatih Persebaya itu juga dipercaya untuk menangani timnas Indonesia pada AFC Championship U-23, 2016.

"Coach Aji tiga hari yang lalu telah berdiskusi dengan BTN terkait dengan Timnas U-22. Akhirnya diputusakan kami (tim pelatih U-23 ) sekaligus membentuk Timnas U-22," kata M Zein di lapangan sepak bola Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, siang tadi. 

Menurut pria yang akrab disapa Mamak itu, pertimbangan BTN adalah agar tim yang tampil satu komando. "Lagi pula di seleksi Timnas U-23 ini ada juga yang masih berumur 22 tahun atau di bawahnya. Jadi masih selisih satu tahun tak masalah,” ucapnya.[viva]