Monday, December 1, 2014

Timnas Gagal, Ini Hasil Buruk Pertama Riedl di Asia Tenggara


Seputar Timnas -  Rekor buruk ditorehkan Alfred Riedl bersama Indonesia usai kegagalan di Piala AFF 2014. Untuk pertama kalinya, tim asuhannya gagal lolos masuk semifinal.

Pria Austria ini merupakan salah satu pelatih yang lama malang melintang di sepakbola Asia Tenggara. Laos, Vietnam, dan Indonesia adalah tim-tim yang pernah merasakan "tangan dingin" Riedl.

Prestasinya pun tidak sembarangan. Laos berhasil merebut medali perak di SEA Games, Vietnam sukses dibawanya lolos ke perempat final Piala Asia 2007 untuk pertama kali dalam sejarah.

Bersama Indonesia, Riedl pun sempat meningkatkan performa timnas pada Piala AFF 2010 lalu. Tampil penuh dominasi sebelum akhirnya tumbang di laga final melawan Malaysia.

Sayang, kini prestasi tak bisa kembali diulanginya bersama Indonesia. Skuad Garuda hanya bisa puas menjadi peringkat tiga Grup A dengan empat poin, usai gagal menang atas Vietnam dan kalah 0-4 dari Filipina.

Kegagalan ini juga mencoreng wajah Riedl. "Ini adalah kali pertama dalam karir pelatihan saya di ASEAN gagal lolos sampai semifinal," ujar Riedl pada situs Aseanfootball.org.

"Ini sedikit mengecewakan. Tapi agar adil dengan para pemain, kami punya masalah di rumah dan itu mempengaruhi persiapan tim. Kami harus berada di puncak performa untuk bersaing di level ini, kalau tidak kami akan dihukum," tambahnya.

Nasib Riedl sendiri sampai saat ini masih tanda tanya. PSSI sudah memberikan ultimatum sebelum Piala AFF kalau hanya gelar juara yang bisa menyelamatkan pekerjaannya. Ditanya soal hal tersebut, pria 65 tahun itu juga mengaku tidak tahu.

"Saya tidak yakin kalau mereka (PSSI) akan memperpanjang kontrak saya. Tapi saya memang tidak mencari pekerjaan kalau sampai hal itu terjadi. Jika tawaran bagus datang, mungkin saya bisa mempertimbangkan. Tapi kita lihat saja," jawab Riedl.[viva]