Thursday, December 4, 2014

Seleksi Tahap I Hampir Kelar, Aji Santoso Sudah Kantongi Sejumlah Nama


Seputar Timnas - Seleksi tahap pertama tim nasional Indonesia U-23 tinggal menyisakan satu hari. Pelatih Aji Santoso mengaku sudah mengantongi sejumlah nama untuk dibawa ke tahap selanjutnya.

Sejak 28 November lalu timnas U-23 menjalani seleksi tahap pertama untuk persiapan SEA Games 2015. Ada sekitar 67 pemain yang masuk ke daftar seleksi di tahap ini.

Namun, mengingat sejumlah pemain masih dalam masa libur, tak semua pemain di daftar tersebut hadir. Nama-nama seperti Evan Dimas dan Manahati Lestusen yang baru pulang membela timnas senior di Piala AFF 2014 lalu diberi kelonggaran dan langsung masuk ke tahap kedua. Sedangkan Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo yang usai mengikuti trial di Jepang akan bergabung di hari terakhir seleksi.

"Sudah hampir 60-an yang tiba, sekitar 60-an. Gavin dan Ryuji besok sampai," kata Aji kepada para wartawan, usai memimpin latihan di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (4/12/2014) petang.

"Evan Dimas langsung tahap kedua. Kita beri kelonggaran karena dia 'kan capek, habis dari timnas U-19 langsung ke senior. Biar dia istirahat dulu. Manahati, Alfin, dan Indracahya juga nanti di tahap berikutnya, tanggal 15 (November), persiapan ke Australia," sambungnya.

Karena banyaknya pemain yang ikut seleksi, Aji membaginya menjadi dua kelompok. Satu kelompok akan berlatih di pagi hari, sementara lainnya di sore hari. Saat ini proses seleksi tahap pertama sendiri sudah memasuki fase akhir dan akan berakhir pada Sabtu (6/12/2014) mendatang.

Sejauh ini Aji mengaku sudah mengantongi sejumlah nama untuk dipanggil di tahap berikutnya. Akan ada sekitar 28 nama yang lolos, sementara sisanya dicoret

"Karena pemainnya banyak, hampir 60, jadi dibagi dua. Kalau kita latihan jadi satu 'kan tidak efektif. Jadi memang setiap latihan kita bagi dua. Tapi besok tidak ada latihan karena Sabtu sudah latihan terakhir," ujar Aji.

"Sudah ada beberapa pemain yang kita kantongi. Sudah ada nama-nama yang akan kita panggil untuk tanggal 15 nanti. Jumlahnya sekitar 28 pemain."

Selain untuk SEA Games 2015, timnas U-23 juga disiapkan untuk kualifikasi Piala Asia U-23 2016, yang babak finalnya akan digelar di Qatar. Hasil undian kualifikasi menempatkan Indonesia di Grup H bersama Korea Selatan, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.[detik]