Tuesday, December 30, 2014

Perkuat Lini Tengah Timnas U-23, Aji Panggil Zulfiandi


Seputar Timnas -  Total 30 pemain yang saat ini tergabung dalam pemusatan latihan Timnas- U-23 ternyata belum memenuhi ekspektasi tim pelatih.

Buktinya, pelatih Garuda Muda --Julukan Timnas U-23-- Aji Santoso baru saja memutuskan untuk memanggil Zulfiandi, gelandang yang saat ini berkostum Persebaya Surabaya untuk bergabung di Sawangan, Depok, Jawa Barat.

     
"Zulfiandi mungkin sudah terbang dengan pesawat sore nanti (kemarin, Red)," kata Mustaqim, asisten pelatih Timnas U-23 kepada Jawa Pos, kemarin (27/12).

"Dia dipanggil langsung oleh coach Aji (Santoso, Red) karena memiliki kepiawaian sebagai gelandang," ujar pria yang juga mantan bintang Persebaya itu.

     
Zulfiandi adalah salah satu kreator serangan saat Timnas U-19 sukses memboyong Piala AFC U-19 di Sidoarjo tahun lalu. Ketika itu, dia bersama Evan Dimas dan Muhammad Hargianto mampu membuat lini tengah tim yang dibesut oleh Indra Sjafri itu menjadi sangat tangguh. Itu yang membuat Evan Dimas dan kawan-kawan selalu mendominasi setiap pertandingan.
     
Sejatinya posisi ideal Zulfiandi adalah seorang striker. Namun, karena kebutuhan tim, Indra Sjafrie lantas memainkan pemain berdarah Aceh sebagai gelandang bertahan.

Dan, pemain berusia 19 tahun itu sukses menjalankan perannya dengan baik. Termasuk saat Indonesia melumat sang juara bertahan Piala AFF U-19 Korea Selatan dengan skor 3-2 pada 2013 silam.

     
Nah, dengan melihat track record  pemain berdarah Aceh tersebut, Aji Santoso langsung terpikat untuk memboyong Zulfiandi ke tim besutannya proyeksi SEA Games Singapura 2015 mendatang.

Zulfiandi diharapkan bisa berbagi peran dengan dua gelandang eks Timnas U-19 lainnya yang sudah tergabung lebih dulu, Evan Dimas dan Paulo Sitanggang.

     
"Mereka bertiga sudah setel saat berada di Timnas U-19 lalu, jadi ingin kami maksimalkan mereka lagi di sini," tegas Mustaqim.
     
Pemanggilan Zulfiandi tersebut, lanjut Mustaqim tidak lantas mengubah jumlah pemain di timnas U-23 saat ini. Artinya, belum ada pemain yang didegradasikan dari posisinya dengan masuknya Zulfiandi tersebut," Kuota tidak berubah, semua masih seperti dulu. Dia (Zulfiandi, Red) hanya akan dipadukan dengan pemain yang lain," timpalnya.
     
Sementara itu, Ibnu Grahan, pelatih Persebaya juga ikut membenarkan kabar pemanggilan Zulfiandi tersebut. Menurut Ibnu, ada banyak dampak yang harus ditanggung oleh Persebaya dengan pemanggilan sang gelandang muda-nya tersebut. Apalagi, itu adalah pemain ke-empat Persebaya yang harus direlakan untuk membela Merah-Putih.
     
Ya, sebelum Zulfiandi sebagai pemain terakhir yang bergabung ke Garuda Muda, ada juga Evan Dimas dan Ilhamudin Armain dan Agung Supriyanto.

"Ini adalah kebanggan bagi tim sekaligus bagi individu setiap pemain. Tapi, akan terasah berat bagi kami kalau kondisi seperti ini terjadi saat kompetisi sudah berjalan," jelas Ibnu.[jawapos]