Wednesday, December 10, 2014

Pelatih Timnas U-19 Tak Minat Gelar TC Jangka Panjang


Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-16 dan U-19, Fachri Husaini, mengaku tak tertarik memakai pemusatan latihan (TC) jangka panjang untuk timnya. Menurut Fachri, TC jangka panjang tak cocok untuk para pemain yang masih berusia belia.

Seperti diketahui, Timnas U-19 sebelumnya yang diasuh Indra Sjafri memakai cara pemusatan latihan jangka panjang untuk persiapan tim sebelum berlaga di Piala AFC U-19 2014. Fachri menilai, waktu tujuh sampai delapan pekan sudah cukup anak-anak asuhannya melakukan persiapan.

"Saya tidak ingin menggelar pemusatan latihan jangka panjang. Saya hanya mau tujuh sampai delapan minggu. Setelah itu pemain bisa pulang ke daerahnya masing-masing,” ungkap Fachri kepada wartawan seusai kemenangan 1-0 Timnas U-19 atas Singapura di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 8 Desember 2014.

"Mereka masih anak-anak, sehingga tidak bisa kalau pakai program pemusatan latihan jangka panjang. Nanti, masa anak-anaknya hilang. Mereka masih muda, malah ada yang kelahiran 1999 di tim saya,” lanjutnya.

Selain itu, pelatih asal Lhokseumawe ini juga berharap bisa menggelar setidaknya empat laga uji coba internasional pada Januari 2015. Hal itu persiapan yang lebih matang untuk anak-anak asuhannya sebelum tampil di Piala AFF U-19 di Sidoarjo pada September tahun depan.

Setelah menghadapi Singapura, Timnas U-19 juga bakal melawan Frenz United untuk pertandingan uji coba pada 10 Desember 2014 di SUGBK. Pada Januari 2015, skuad Timnas U-19 sendiri rencananya akan dikerucutkan menjadi 25 pemain.[viva]