Thursday, December 4, 2014

Ini Peta Penyebaran Jebolan Timnas U-19 di ISL 2015


Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri sempat mencuri perhatian publik sepakbola tanah air. Prestasi gemilang yang mereka torehkan saat menjuarai Piala AFF U-19, 2013 dan tiket ke babak utama Piala Asia U-19 juga membuat sejumlah klub Liga Super Indonesia (ISL) tertarik untuk merekrut jebolan tim berjuluk Garuda Jaya tersebut.

Di pentas Asia, prestasi Timnas U-19 memang terpuruk. Evan Dimas dan kawan-kawan gagal melewati babak penyisihan setelah menelan tiga kekalahan di fase grup. Meski demikian, pesona pemain-pemain Timnas U-19 tetap menarik minta tim-tim elit tanah air.

Persebaya Surabaya menjadi tim yang paling banyak mengumpulkan jebolan Timnas U-19. Setidaknya 7 pemain Garuda Jaya kini berkostum Bajul Ijo. Mereka adalah Evan Dimas, Putu Gede, Fatchu Rochman, Sahrul Kurniawan, Ilham Udin Armaiyn, Hargianto, dan Zulfiandi. Mereka bahkan mengikat kontrak sebelum ISL musim 2014 berakhir.

Dua pemain lainnya, yakni Muchlis Hadi dan Maldini Pali juga sudah dipermanenkan PSM Makassar. Perburuan sendiri kembali berlanjut setelah Piala Asia U-19. Sejumlah pemain bahkan mengaku sudah dihubungi klub-klub ISL sebelum event itu bergulir.

Benar saja, Hansamu Yama Pranata dan Paulo Sitanggang tak lama langsung dikontrak oleh klub asal Pulau Kalimantan, Barito Putera. Selanjutnya, giliran kiper Garuda Jaya, Ravi Murdianto yang digaet oleh klub Pulau Kalimantan lainnya, Mitra Kukar.

Dengan demikian, terjadi persebaran pemain jebolan Timnas U-19 yang bermain di tiga pulau di Indonesia. Di Pulau Jawa, diwakili Persebaya dengan tujuh pemain, di Pulau Kalimantan, ada tiga pemain, kemudian di Pulau Sulawesi, ada dua pemain.

Sementara itu, untuk Ichsan Kurniawan dan Rudolof Yanto Basna memang merupakan pemain dari Tim U-21 Sriwijaya FC. Selain itu, belum ada lagi pemain jebolan Timnas U-19 yang mendapat kontrak dari klub ISL. Setidaknya masih ada sembilan pemain yang belum mendapatkan klub untuk melanjutkan karier mereka ke tingkat profesional.

Mereka adalah, Rully Desrian, Dicky Indrayana, Febly Gushendra, Mahdi Fahri Albar, Ricky Fajrin, Dimas Drajad, Hendra Sandi, Dinan Yahdian Javier, dan Septian David Maulana. Kemanakah mereka akan berlabuh musim ini? [viva]