Monday, December 22, 2014

Indonesia Tak Perlu Ikut Kualifikasi Piala AFF 2016


Seputar Timnas - Kekhawatiran yang beredar terkait dengan status tim nasional Indonesia untuk gelaran Piala AFF 2016 mendatang akhirnya menemui titik terang, di mana skuat Garuda dipastikan langsung tampil dalam babak utama.

Sebelumnya sempat timbul kemungkinan bagi Indonesia untuk mengarungi turnamen Asia Tenggara edisi ke-11 tersebut dari tahap penyisihan. Kepastian tentang status Indonesia itu diumumkan pihak AFF selepas menggelar pertemuan rutin antar federasi di Malaysia, Sabtu (20/12) kemarin.

Hasil pertemuan itu sendiri antara lain mengesahkan status Myanmar dan Filipina sebagai tuan rumah pada tahun 2016. Menurut aturan baru AFF, kejuaraan akan kembali diikuti oleh delapan peserta, dengan tujuh tim langsung lolos ke fase grup serta satu lainnya merupakan pemenang kualifikasi.

Dipilihnya Myanmar menjadi penyelenggara kompetisi berikutnya turut mengubah format babak kualifikasi. Jika tahun ini lima tim bersaing memperebutkan tiket menuju fase utama, untuk dua tahun mendatang hanya ada empat tim dan hanya mempertaruhkan satu tiket.

Kamboja ditunjuk sebagai tuan rumah ajang kualifikasi dan akan bersaing dengan tiga tim lainnya, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Laos. Format baru tersebut sekaligus menipiskan rumor terkait keinginan Australia untuk berpartisipasi di Piala AFF.[goal]