Friday, December 5, 2014

Hajar 3-1 Singapura, Timnas U-16 Tetap Dikritik Pelatih


Seputar Timnas - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fachri Husaini, menyayangkan anak-anak asuhannya yang banyak membuang peluang dalam laga uji coba kontra Singapura U-16. Meski Timnas U-16 menang dengan skor 3-1, Fachri mengkritik anak asuhnya yang terlalu cepat puas setelah unggul 3-0.

Dalam laga yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Timnas U-16 memang mendominasi permainan. Namun, ketika sudah memimpin 3-0 di babak I, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan malah kebobolan di babak II dan tidak bisa mencetak gol lagi.

Gol pembuka kemenangan Timnas U-16 atas Singapura disarangkan oleh Bayu Yudha Pratama pada menit 2. Bayu juga yang menggandakan keunggulan Timnas U-16 atas Singapura lewat golnya pada menit ke-43, disusul gol Gunansar Papua Mandowen pada menit ke-45, sebelum Khairul Hairie Bin Abdul Hamid memperkecil kedudukan menjadi 3-1 pada menit ke-76.

“Ada peluang banyak, tapi kita sia-siakan. Setelah kita unggul 3-0, para pemain berpikir seakan-akan bisa dengan mudah mencetak gol keempat dan kelima. Padahal, mau unggul 1-0 atau 3-0, cara bermain kita harus sama,” kata Fachri ketika ditemui wartawan seusai laga, Jumat 5 Desember 2014.

Menurut Fachri, timnya juga melakukan banyak kesalahan, terutama saat memimpin 3-0. Dia tak mau anak-anak asuhannya mengulangi kesalahan yang sama pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

“Kita tidak mau ini terjadi lagi, anak-anak tak boleh cepat puas. Lini belakang kita juga banyak melakukan kesalahan, jika ketika lawan Vietnam pemain belakang kita melakukan kesalahan karena ditekan, ini kita melakukan kesalahan tanpa tekanan seperti lawan Vietnam,” paparnya.

Saat ini Timnas U-16 tengah melakukan persiapan untuk mengikuti turnamen Piala AFF U-16 2015 di Solo, Jawa Tengah pada Juli 2015. Sebelumnya, Timnas U-16 telah menundukkan Vietnam dengan skor 3-2 pada 3 Desember 2014 juga di SUGBK. [viva]