Friday, December 26, 2014

Hadapi Kumpulan Pemain Asing, Aji Mencari Kerangka Tim


Seputar Timnas - Gagal menjalani ujicoba melawan Qatar di Australia 5 Januari mendatang, Timnas U-23 langsung membidik tim lain sebagai lawan latih tanding.

Pelatih kepala Garuda Muda - julukan Timnas U-23 - Aji Santoso mengungkapkan bahwa tim besutannya akan melakoni ujicoba perdana melawan kumpulan pemain-pemain asing yang saat ini sedang mengadu nasib di sepakbola Indonesia.
    
Dalam laga ujicoba perdana yang akan digelar di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (31/12) mendatang itu, Aji berencana memanfaatkannya untuk membentuk kerangka tim.

"Semua pemain kan baru berkumpul pada awal Desember, jadi sampai saat ini belum ada kerangka," ujar pelatih asal Malang, Jawa Timur itu.

"Jadi, pemain mana saja yang akan menjadi starter, mungkin akan terlihat setelah ujicoba itu," tegasnya.
    
Tim nasional yang diproyeksikan untuk membela Merah Putih di SEA Games 2015 di Singapura itu, memang awalnya akan menjalani sejumlah pertandingan persahabatan di awal 2015 mendatang. Salah satunya adalah melawan Qatar di Australia. Namun, entah mengapa, jadwal tersebut tiba-tiba batal begitu saja.
    
Nah, Aji pun berharap para pemain mereka tidak kecewa dengan adanya pembatalan jadwal tersebut. Sebaliknya dia berharap pemain-pemain yang saat ini telah lolos seleksi tahap kedua tersebut bisa menunjukan kemampuan mereka di ujicoba perdana nanti.

"Apalagi, lawan yang akan dihadapi adalah kumpulan pemain asing, jadi otomatis materi lawan juga lebih bagus," tegasnya.
    
Sejatinya, Aji mengungkapkan bahwa, sebelum memutuskan untuk menjalani ujicoba melawan sejumlah legiun asing tersebut, Aji dan para asistennya telah melakukan pendekatan dengan tim-tim kontestan Indonesia Super League (ISL) untuk dijadikan lawan tanding. Namun, menurut Aji, tidak ada satupun tim yang bersedia.
    
 Sementara itu, dengan jadwal ujicoba perdana yang akan digelar pada akhir tahun tersebut, Aji pun berharap agar para pemain timnas U-23 yang saat ini sedang kembali ke daerahnya untuk merayakana Natal, agar tetap menjaga kondisi dengan baik.

Sejauh ini, ada tiga pemain yang sedang izin dari program latihan timnas U-23 untuk merayakan natal.
    
Mereka adalah striker Mitra Kukar, gelandang Persija Jakarta Gavin Kwan Adsit, serta penyerang Persipura Jayapura Yohanes Ferinando Pahabol. Menurut Aji, tiga pemain tersebut sudah harus kembali ke Jakarta pada 27 Desember besok.

"Tapi, saya juga berharap mereka harus terus menjaga kondisi saat berada di daerah," tegasnya.[jawapos]