Monday, December 8, 2014

Dirtek Timnas Masih Meraba Sepakbola Indonesia


Seputar Timnas - Meski resmi diangkat sebagai Direktur Teknik Timnas Usia Muda, Pieter Huistra,  belum berani menentukan kandidat yang akan menempati kursi pelatih timnas U-19. Sebelumnya, jabatan tersebut diemban oleh pelatih asal Padang, Indra Sjafri.

Huistra memang diminta oleh PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) untuk memberikan rekomendasi untuk pelatih Timnas U-19. Bukan hanya itu, pria asal Belanda ini juga dimintai rekomendasinya untuk pelatih Timnas senior.

"Sebenarnya bukan hanya saya (merekomendasikan pelatih Timnas), ada beberapa dan nanti diputuskan bersama," terang Huistra.

"Saya baru di sini. Saya harus berbicara dengan banyak orang tentang semua hal yang mungkin. Terpenting, tugas saya menginvestigasi sepakbola Indonesia," sambungnya.

Mengenai sosok yang dibutuhkan untuk menangani Timnas U-19 dan senior, Huistra belum bisa menerangkan secara rinci. Yang jelas, mantan winger Timnas Belanda ini menekankan perlu menemukan orang yang tepat bagi Timnas Indonesia senior dan U-19.

"Kami harus menemukan yang tepat dan bagus. Yang terpenting,  harus mengacu kepada apa yang kita butuhkan. Yang penting, saya investigasi dulu, jadi saya baru bisa berikan rekomendasi," ungkapnya.

"Saya dalam bagian besar pengembangan sepakbola di Indonesia, fokus saya memang untuk usia muda, tapi tim senior juga termasuk di dalamnya," jelasnya.

Setelah melakukan investigasi besar, Huistra akan melakukan assessment dan membangun  konstruksi pengembangan sepakbola Indonesia. Meski punya kenalan banyak  di persepakbolaan profesional, Huistra enggan buru-buru mengeluarkan rekomendasi. 

"Saya sekitar 30 tahun di sepakbola profesional, saya kenal banyak orang dan tahu kualitasnya, oleh karena itu saya bisa berikan rekomendasi," bebernya.

"Saya hanya merekomendasi, bukan memutuskan, untuk sekarang belum ada nama. Jika sudah ada, saya juga tidak akan memberikannya kepada kalian," bebernya.[viva]