Friday, December 19, 2014

Batal Lawan Qatar, Program Timnas U-23 Jadi Berubah


Seputar Timnas -  Pelatih tim nasional Indonesia U-23, Aji Santoso, terpaksa mengubah program latihan menyusul batalnya uji coba melawan Qatar yang sejatinya digelar di Canberra, Australia, 5 Januari 2015. Pemusatan latihan Timnas U-23 tetap akan digelar hingga 6 Januari mendatang. 

"Yang pasti pemusatan latihan (TC) tahap kedua akan berakhir, 6 Januari 2015. Harusnya lawan Qatar di 5 Januari, tapi batal. Saya akhirnya sedikit mengubah program," kata Aji saat ditemui usai memimpin latihan di POR Sawangan, Depok, Kamis pagi, 18 Desember 2014.

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebenarnya telah menemukan pengganti Qatar, yakni Suriah. Namun, hingga saat ini, masih ada tiga opsi penyelengaraan, yakni di awal Januari, Februari, atau Maret. 

"Saya berharap di TC tahap kedua ini kami mendapat sekali laga uji coba internasional dan 1 uji coba melawan tim lokal," ujar Aji Santoso.  

Timnas U-23 sebenarnya juga mendapat tawaran untuk bermain di Marah Halim Cup 2015. Namun, Aji belum bisa memastikan apakah Garuda Muda ikut tampil pada turnamen itu. 

Menurut Aji, Marah Halim Cup memang menjadi sarana bagus bagi pemain untuk mengasah kemampuan dalam iklim laga yang kompetitif. "Banyak pemain yang jam terbangnya masih kurang. Saya pikir Marah Halim sangat bagus untuk para pemain," jelas Aji.

Timnas U-23 menggelar TC sebagai persiapan menghadapi SEA Games 2015, Singapura, dan kualifikasi Piala Asia U-22, 2016. Sebelum berlaga di SEA Games, Timnas U-23 akan berkiprah di kualifikasi Piala Asia U-22 yang digelar di Jakarta, 23-31 Maret 2015. Timnas U-23 tergabung di Grup H bersama Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Korea Selatan. 

"Ada libur di TC tahap kedua ini, saat natal dan tahun baru. Hanya sehari, karena kami tak punya waktu yang cukup panjang. Perhelatan kualifikasi Piala Asia sudah dekat," tutur Aji. [viva]