Monday, December 8, 2014

Aji Santoso: Tidak Ada Pemain Titipan di Timnas U-23


Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23 Indonesia Aji Santoso fokus pada uji coba melawan Qatar pada 5 Januari mendatang usai seleksi tahap pertama selesai. Pertandingan persahabatan ini masuk dalam program pemusatan latihan timnas (pelatnas) untuk SEA Games Juni 2015 nanti. 

Aji mengatakan, pertandingan dengan tim senior Qatar di Australia, merupakan uji coba resmi bagi skuat barunya. Oleh karena itu, dirinya akan melakukan latih tanding melawan tim lokal sebelum melawan Timnas Qatar.

“Sementara ini, uji coba masih melawan Qatar terlebih dahulu. Lainnya, masih belum. Jadwal sudah ada, tapi lawan lainnya tentatif, baru Qatar yang pasti. Namun, sebelum (lawan Qatar) pasti ada uji coba dengan tim lokal ,” kata Aji.

Mematangkan timnya Aji akan kembali memanggil para pemain yang lolos dalam seleksi pertama di Yogya. Pemain yang lolos itu akan kembali melakukan seleksi mulai 15-19 Desember 2014.

“Kita akan panggil lagi pemain (yang lolos seleksi) ya pada 15 sampai 19 Desember nanti. Ini untuk persiapan melawan Qatar. Ini nanti sudah masuk dalam tahap pelatnas,” ujarnya.

Ke-55 pemain yang ikut seleksi tahap pertama termasuk Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo ini hanya akan diambil 25 hingga 30 pemain terbaik. Aji menyebutkan jika pemain yang lolos tahap pertama sudah memiliki kriteria yang diinginkannya. 

“Sudah kita dapatkan nama-namanya. Hanya 25 sampai 30 pemain saja nanti,” katanya. 

Kriteria yang diinginkan Aji meliputi agresivitas dalam bermain, dinamis, berani capek serta mempunyai tipe pekerja keras. Penilaian ini sudah dilakukan oleh tim pelatih secara fair selama 9 hari. Aji menegaskan tidak adanya pemain titipan dalam skuatnya.

“Perekrutan pemain semua berjalan dengan fair. Tidak ada pemain titipan. Titipan dari malaikatpun, kalau jelek saya pulangkan. Bila Anak setan bermain bagus akan tetap saya pakai."

Aji menilai dua pemain susulan mengikuti seleksi yaitu Gavin Kwan Adsit dan Ryuji Utomo masih perlu dilakukan tes selanjutnya. Pasalnya dua pemain ini terlihat keletihan usai perjalanan panjang dari Jepang saat tes pertama di akhir seleksi.  Karena itu Aji Santoso memastikan akan memberikan kesempatan dengan memanggil keduanya lagi di tahap kedua.

“Ryuji dan Gavin, mereka masih capek kelihatannya. Karena baru datang dari Jepang, ke sininya kemarin dan hanya mempunyai istirahat selama satu hari. Mereka main selama 90 menit, dan punya potensi. Kalau saya putuskan sekarang kan sangat tidak fair. Kita beri kesempatan mereka di tahap kedua nanti untuk menunjukkan kekuatannnya secara maksimal,” ujarnya.

Selain pemain yang lolos pada tahap pertama, Aji, juga akan memanggil pemain lain seperti Evan Dimas, Manahati Lestusen, Indra Cahya, serta Alfin Tuasalamony. “Mereka juga akan bergabung (tahap kedua),” ujarnya.[liputan6]