Thursday, December 25, 2014

5 Mantan Penggawa Timnas U-19 yang Dipanggil Aji Santoso


Seputar Timnas - 30 nama pemain tim nasional U-23 telah ditetapkan pelatih Aji Santoso untuk mengikuti Training Center (TC). Beberapa nama eks timnas U-19 juga masuk dalam nama pemain yang dipersiapkan untuk mengikuti Sea Games 2015 Juni mendatang.

Tak bisa dipungkiri lagi, kiprah timnas U-19 beberapa waktu yang lalu memang sempat menjadi sorotan. Saat itu kehadiran Evan Dimas dan kawan-kawan memberi warna baru bagi pecinta sepak bola Indonesia yang haus akan gelar.

Mereka berhasil menjadi juara di Piala AFF usai menaklukkan Vietnam di final dalam drama adu penalti, akhir September 2013 lalu. Setelah itu tim yang dijuluki Garuda Jaya mengikuti kualifikasi Piala AFC dan lagi-lagi mereka berhasil lolos sehingga berhak berlaga di ajang kejuaraan terbesar sepak bola benua Asia di Myanmar pertengahan tahun 2014.

Tetapi anak asuh Indra Sjafri gagal lolos dari babak penyisihan grup. Padahal target awal mereka adalah mencapai babak semifinal agar dapat berlaga di Piala Dunia U-20 tahun depan. Akibat kegagalan itu akhirnya timnas U-19 dibubarkan karena umur mereka tahun depan telah lebih dari 19 tahun.

Melihat permainan beberapa mantan anggota timnas U-19 yang memukau, membuat Aji memanggil beberapa nama untuk menjadi skuatnya di timnas U-23. 

Berikut daftar nama mantan pemain timnas U-19 yang berada di timnas U-23.

1. Ravi Murdianto


Berposisi sebagai penjaga gawang Ravi menjadi sosok penting dalam timnas U-19. Ia berhasil mengagalkan beberapa tendangan penalti saat laga final melawan Vietnam di Piala AFF.

Berkat aksinya itu timnas Garuda Jaya keluar sebagai juara AFF dengan skor 7-6. Selain itu Ravi digadang-gadang sebagai kiper masa depan timnas Indonesia.

2. Hansamu Yama Pranata

Bek masa depan Indonesia dengan postur tinggi Menjulang sosoknya dilini belakang timnas U-19 seolah menjadi jaminan mutu dalam menghalau serangan musuh.

Kelebihan posturnya itu membuat Hansamu piawai dalam menghalau bola atas. Selain itu mental pantang menyerahnya membuat dia disegani penyerang lawan.

3. Paulo Oktavianus Sitanggang

Indra Sjafri, pelatih tim nasional U-19 menyatakan bahwa Paulo Sitanggang adalah pemain bertalenta dan yakin ia akan menjadi salah satu pemain timnas Indonesia.

Sebelumnya Paulo yang saat itu berumur 15 tahun mengikuti seleksi All Star Team Challange yang digelar oleh AC Milan Junior Camp. Ia berhasil masuk ke dalam daftar 18 pemain sepak bola muda yang nantinya dilatih di San Siro, Milan. Tapi karena cedera ia gagal berangkat kesana.

4. Ilham Udin Armaiyn


Ilham berasal dari Ternate yang memulai kariernya sejak di timnas U-15. Selain sebagai sayap, Ilham juga bisa bermain sebagai penyerang dan memiliki dua kaki yang sama
bagusnya dalam mengolah bola.

Ia pun disebut-sebut sebagai pemain andalan timnas Indonesia beberapa tahun lagi.

5. Evan Dimas


Pemain asal klub Persebaya Surabaya itu merupakan kapten timnas U-19. Ia pun menjadi sorotan banyak pihak karena akurasi umpannya serta daya juangnya yang pantang menyerah.

Bahkan saat Piala AFF lalu di Vietnam, Evan Dimas dipanggil untuk mengikuti ajang tersebut bersama timnas senior. Ia pun kerap kali disamakan dengan pemain legenda Barcelona Andres Iniesta karena memiliki karater dan posisi permainan yang sama.[liputan6]