Tuesday, November 11, 2014

Timnas U-19 "Impor" Direktur Teknik dari Belanda


Seputar Timnas -  Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menunjuk seorang direktur teknik (dirtek) asal Belanda. Menurut Sekjen PSSI, Joko Driyono, dipilihnya direktur teknik tersebut telah melalui proses seleksi.

Pria yang akrab disapa Jokdri ini menjelaskan, dirtek tersebut nantinya akan diminta pertimbangan untuk calon-calon pelatih tim nasional Indonesia U-19, sebelum diputuskan oleh PSSI dan Badan Tim Nasional.

Namun, Jokdri masih enggan menyebut pria asal Belanda yang akan mengisi pos direktur teknik tersebut. Jokdri juga mengaku tidak tahu apakah dirtek itu pernah melatih di Indonesia atau belum.

"Timnas U-19 nanti, pelatih baru, tim baru, PSSI akan mendiskusikan ini. Direktur teknik yang baru dari Belanda, saya tidak tahu apa dia sudah pernah ke Indonesia," beber Jokdri dalam konferensi pers AFF Suzuki Cup 2014 di Wisma Indomobil, Senin 10 November 2014.

"Awal Desember, kita akan membicarakannya dengan dirtek yang baru soal pelatih baru Timnas U-19. Pada 20 November nanti direktur teknik sudah terpilih," imbuh Jokdri.

Sementara itu, terkait proses pemilihan direktur teknik, menurut Jokdri, sebelumnya PSSI punya beberapa kandidat. Namun, proses seleksi saat itu sengaja tidak dipublikasikan oleh PSSI.

"Sebenarnya ada dari 4 negara yang kemarin didiskusikan oleh PSSI untuk menjadi dirtek: Belanda, Jerman, Prancis, dan Belgia. Kita sudah lakukan interaksi, lakukan fit and proper test," imbuhnya.

"Kita memang tidak publikasikan, karena ini menyangkut privasi masing-masing calon. Background-nya itu, akhirnya kita pilih yang orang Belanda itu. Aktifnya 20 November 2014," ujarnya tanpa mau menyebut nama dirtek tersebut. [viva]