Saturday, November 22, 2014

Skuad Garuda Coba Pulihkan Reputasi di Piala AFF 2014


Seputar Timnas - Kesebelasan senior Indonesia akan memulai misi di Piala AFF 2014 akhir pekan ini, Sabtu 21 November 2014. Vietnam akan menjadi ujian pertama Indonesia di laga perdana penyisihan Grup A Piala AFF di My Dinh National Stadium, Hanoi.

Ini bukan pertemuan pertama kedua tim. Indonesia sering bertemu dengan Vietnam di sejumlah ajang. Total ini merupakan pertemuan ke-18 kedua tim, baik di laga kompetisi resmi maupun persahabatan.

Berdasarkan catatan rekor pertemuan (head to head), Indonesia unggul atas tim yang saat ini berperingkat 136 dunia tersebut. Tim Garuda menang sebanyak 7 kali dan kalah 4 kali. Sedangkan sisanya, 6 laga berakhir imbang.

Namun fakta ini tidak bisa menjadi ukuran. Apalagi Vietnam saat ini berstatus sebagai tuan rumah sekaligus timm unggulan. Alhasil, Vietnam menjadi lawan yang paling diwaspadai Indonesia di babak penyisihan.

Laga melawan juara Piala AFF 2008 itu pun menjadi kunci langkah Tim Garuda. Jika menang, jalan berikutnya, untuk menuju semi final, cenderung lebih mudah. Mengingat dua lawan lainnnya hanya Filipina dan Laos.

"Vietnam masih yang terbaik di Grup A. Dengan keuntungan sebagai tuan rumah, Vietnam sudah hampir pasti mengamankan satu tiket ke semifinal," tutur pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl dilansir Kenh14.vn.

Mengintip Kekuatan dan Kelemahan Dua Kubu

Riedl merupakan sosok yang cukup tahu seluk beluk Vietnam, lantaran pernah melatih di sana selama dua periode. Paling tidak, pelatih asal Austria itu mengakui kalau dia terus memantau perkembangan Tuyen.

Berdasarkan hasil pengamatannya, Riedl berbicara tentang kekuatan Vietnam yang terus berkembang dari beberapa laga uji coba terakhir melawan Hongkong dan Palestina. Riedl juga mensinyalir Vietnam memiliki kekuatan di aspek fisik.

"Saya pikir duel melawan Hong Kong bukan pertandingan yang bagus untuk Vietnam. Tapi, justru di laga melawan Palestina, mereka lebih berkembang. Secara fisik, mereka juga sangat kuat," kata Riedl seperti dikutip Kenh14.vn.

Tak hanya itu, kombinasi pemain berpengalaman dan juga beberapa pilar muda di skuad Vietnam cukup diwaspadai Riedl. Menurutnya, kombinasi seperti ini bisa menghadirkan ancaman buat Indonesia.

"Vietnam adalan tim tuan rumah dan mereka memiliki banyak keuntungan dan pemain bagus. Saya mengetahui pemain berpengalaman seperti (Pham) Thanh Luong, (Le) Cong Vinh, (Le) Phuoc Tu, (Le) Tan Tai," ujar Riedl.

"Nama pemain yang paling membuat saya takut adalah nomor 10 (Van Quyet). Dia masih muda, tapi memiliki kelincahan dan penyelesaian akhir yang sangat bagus," lanjutnya, seperti dilansir Vietnam+.

Meski mengakui Vietnam lebih diunggulkan, Riedl sudah mengantongi kelemahan mereka. "Ada hal yang harus mereka kembangkan lagi untuk menghadapi laga pertama. Saya sangat menantikan laga melawan Vietnam," jelas Riedl.

Di saat bersamaan, Riedl mengeluhkan persiapan minim yang dilakukan Indonesia jelang Piala AFF 2014. Ia sempat dipusingkan Setelah harus menyeleksi sampai 60 nama pemain karena kondisi.

Mepetnya jadwal Indonesia Super League (ISL) dengan bergulirnya Piala AFF membuat seleksi pemain di Timnas kerap terkendala. Namun Riedl tetap percaya dengan kemampuan Indonesia. Asalkan tidak ceroboh.

"Saya bisa mengatakan tak pernah menghadapi persiapan yang begitu sulit seperti ini. Tapi saya yakin para pemain ini bisa lolos fase grup dan melangkah jauh. Karena kami bangga pakai kostum Indonesia dan begitu solid," katanya. 

"Yang membuat saya khawatir adalah para pemain membuat kesalahan. Mereka tak boleh lakukan kesalahan sedikit pun di laga nanti," lanjut Riedl.

Sama halnya dengan Indonesia, Vietnam juga memantau perkembangan lawan di Grup A. Dan mereka menganggap Indonesia dan Singapura sebagai lawan terberat di fase grup, lantaran memiliki pemain naturalisasi yang tangguh.

"Rival kami semakin kuat setiap hari. Terutama Singapura dan Indonesia karena mereka memiliki sejumlah pemain berdarah asing dalam susunan pemain," ujar Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Vietnam (VFF), Le Hoai Anh.

Dalam 22 daftar nama yang disodorkan Riedl, tercatat 4 pemain hasil program naturalisasi ada di dalamnya. Mereka adalah Cristian Gonzales, Sergio van Dijk, Raphael Maitimo dan Victor Igbonefo.

Dari empat pemain naturalisasi di atas, Van Dijk dan Maitimo berpeluang besar tampil sejak menit pertama. Sedangkan Gonzales dan Victor diprediksi tampil sebagai pelapis.

Fakta Menarik Duel Vietnam Vs Indonesia

Vietnam dan Indonesia terbilang menjadi dua tim yang sering bertemu. Tercatat keduanya sudah bertemu 17 kali di laga kompetisi resmi maupun persahabatan. Sehingga kedua tim tentu sudah mengenal permainan lawan masing-masing.

Pertemuan pertama Indonesia dan Vietnam terjadi pada babak penyisihan SEA Games 1991. Ketika itu, Tim Garuda berhasil menang 1-0 berkat gol tunggal Robby Darwis. Indonesia kemudian menjadi juara grup dan akhirnya sukses meraih medali emas.

Sedangkan pertemuan terakhir terjadi pada 16 Oktober 2012, dalam laga bertajuk persahabatan. Ketika itu, Indonesia, yang diperkuat para pemain Indonesia Premier League (IPL), menahan imbang 0-0 Vietnam di kandang mereka, My Dinh National Stadium.

Sementara itu, pertemuan terakhir Indonesia dan Vietnam di Piala AFF terjadi pada 2007, di babak penyisihan. Sempat tertinggal lewat gol bunuh diri Supardi, Indonesia kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1, berkat gol Saktiawan Sinaga pada menit 90.

Selain itu, pertarungan antara Indonesia dan Vietnam terbukti selalu berlangsung sengit. Dari 17 pertemuan, tercatat hanya ada satu laga di mana marjin skor lebih dari satu. Itu terjadi pada Piala Tiger 2004, ketika Tim Garuda melumat Tuyen dengan skor 3-0.

Sehingga layak disimak, apakah laga Sabtu malam nanti bakal kembali menyajikan pertarungan sengit yang tentu diharapkan Indonesia yang keluar sebagai pemenang.

Berikut ini 10 Pertandingan terakhir Indonesia dan Vietnam:

  • Vietnam 0-0 Indonesia - Persahabatan, 16 Oktober 2012
  • Indonesia 0-0 Vietnam - Persahabatan, 15 September 2012
  • Indonesia 1-0 Vietnam - Persahabatan, 11 Juni 2008
  • Vietnam 1-1 Indonesia - Piala AFF, 15 Januari 2007
  • Vietnam 0-3 Indonesia - Piala Tiger, 11 Desember 2004
  • Indonesia 2-2 Vietnam - Piala Tiger, 21 Desember 2002
  • Vietnam 2-3 Indonesia - Piala Tiger, 16 November 2000
  • Indonesia 0-1 Vietnam - SEA Games, 12 Agustus 1999
  • Indonesia 2-2 Vietnam - SEA Games, 7 Oktober 1997
  • Vietnam 0-1 Indonesia - Persahabatan, 24 Februari 1997