Wednesday, November 26, 2014

Skenario Hampir "Mustahil" Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal Piala AFF

Indonesia saat dibantai Filipina 0-4. (ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo)
Seputar Timnas - Timnas Indonesia hampir pasti gagal melaju ke semifinal Piala AFF 2014. Meski secara hitungan di atas kertas masih memiliki peluang, namun nasib pasukan Garuda harus ditentukan lewat pertandingan lain.

Dengan kekalahan memalukan 0-4 di tangan Filipina, tim besutan Alfred Riedl kini hanya menduduki posisi 3 dengan torehan 1 poin, hasil imbang dengan Vietnam. Sedangkan Filipina dengan 6 poin dipastikan telah mengantongi tiket ke 4 besar.

Sedangkan tuan rumah Vietnam yang sebelumnya bermain imbang 1-1 melawan Indonesia berhasil mengoleksi 4 poin setelah kemarin sukses mengalahkan Laos 3-0.

Dengan kata lain, selain Indonesia harus mengalahkan Laos di laga pamungkas, nasib Firman Utina dan kawan-kawan juga akan bergantung pada laga Filipina kontra Vietnam.

Filipina harus mengalahkan Vietnam. Pasalnya, sesuai dengan regulasi yang diberlakukan di Piala AFF, ranking grup di turnamen 2 tahunan ini ditentukan dari nilai poin lalu selisih gol dan terakhir dengan mengadu produktivitas gol. 

Dengan asumsi Indonesia berhasil mengalahkan Laos dan di pertandingan lainnya Filipina mengalahkan tuan rumah Vietnam di laga pamungkas, maka Indonesia dan Vietnam akan memiliki poin yang sama yakni 4. 

Itu pun nasib Indonesia harus bergantung pada catatan gol di kedua pertandingan itu. Jika Indonesia menang dari Laos hanya dengan selisih 1 gol, maka Filipina harus mengalahkan Vietnam dengan selisih 7 gol untuk membuat Merah Putih lolos.

Pasalnya, saat ini di klasemen grup, selisih gol Indonesia justru -4. Sedangkan Vietnam saat ini memiliki selisih gol +3. 

Skenario kekalahan Vietnam nyaris mustahil karena mereka tampil di hadapan pendukungnya sendiri. Dan pelatih Filipina, Thomas Dooley, berjanji akan mengistirahatkan pemain inti dan menurunkan pelapis setelah memastikan lolos ke semifinal.[viva]