Wednesday, November 19, 2014

Lini Mana yang Harus Digenjot Indonesia untuk Piala AFF 2014?


Seputar Timnas -Tim nasional Indonesia akan berlaga di Piala AFF 2014, Vietnam pada November 2014. Jelang laga tersebut, segala persiapan telah dilakukan tim yang diasuh Alfred Riedl ini.

Dari pemanggilan sejumlah nama beken, pemusatan latihan, hingga uji coba telah dilakoni para penggawa Timnas Indonesia. Pelatih asal Austria itu memegang tanggung jawab untuk menyumbangkan gelar pertama Indonesia di ajang dua tahunan itu. Pasalnya Indonesia belum sama sekali memenangkan gelar tersebut.

Pada tahun 2014 ini para pecinta sepak bola tanah air boleh berharap. Materi pemain masing-masing lini memiliki daya tarik dan segudang pengalaman di ajang ini.

Sang kapten, Firman Utina, adalah salah satu gelandang yang sukses membawa Indonesia ke partai puncak Piala AFF 2010. Lalu ada pula nama gelandang muda berbakat, Evan Dimas, yang sukses menghantarkan Timnas U-19 meraih Piala AFF U-19 pada 2013 lalu.

Penyerang

Dari lini serang, empat penyerang langsung dipersiapkan Alfred Riedl untuk berlaga di Piala AFF 2014 ini. Boaz Sollosa, Cristian Gonzales, Serginho van Dijk, dan Syamsul Arif masuk dalam skuat Garuda untuk ajang kali ini.

Pelatih asal Austria itu pun mengakui keunggulan masing-masing penyerang yang ia miliki pada tahun ini. "Van Dijk dan Gonzales memiliki pengalaman yang baik, mereka juga mampu berperan sebagai penyerang tunggal di depan. Selain itu, Boaz memiliki kekuatan kaki kiri yang baik, sama seperti Van Dijk dan Gonzales."

"Untuk Syamsul Arief, ia adalah tipikal striker yang memiliki kecepatan. Kami sangat membutuhkan pemain seperti ini karena ia dapat membuka ruang di lini depan."

Gelandang

Untuk lini tengah, Riedl memiliki sejumlah nama beken. Firman Utina, Muhamad Ridwan, Evan Dimas, hingga Ramdani Lestaluhu turut dipanggil untuk membela skuat Garuda.

Bahkan pria asal Austria ini sangat dipusingkan dengan seleksi gelandangnya. Ia pun terpaksa mencoret beberapa pemain bintang Indonesia Super League (ISL) untuk merampingkan skuat menjadi 22 pemain.

"Bayu Gatra dan Ahmad Bustomi harusnya berada dengan kami. Tapi kami tidak mampu berbuat apa-apa karena harus merampungkan daftar 22 pemain," kata Riedl usai latihan terakhir Timnas di Karawaci, Senin (17/11/2014).

"Kami juga punya pemain lain dengan kualitas yang sama, khususnya posisi gelandang. Sangat sulit untuk memutuskannya."


Belakang

Untuk barisan pertahanan, sepertinya Riedl harus memaksimalkan beberapa centre backnya. Victor Igbonefo, Muhamad Roby, Fachruddin, dan Manahati Lestusen, dapat bergantian mengisi lini pertahanan Timnas.

Namun pelatih asal Austria itu harus pintar-pintar meracik palang pintunya. Pasalnya dari empat centre back yang dibawa Riedl kali ini, hanya Roby yang pernah bermain di Piala AFF 2010 bersama Riedl. Sedangkan tiga lainnya adalah wajah-wajah baru.

Sebaliknya untuk posisi bek sayap, nama Supardi dan Zulkifli Syukur dapat menjadi mentor yang bagus bagi Rizky Rizaldy Pora untuk berbagi pengalaman dari Piala AFF 2010 lalu.[liputan6]