Wednesday, November 26, 2014

Kondisi Fisik Jadi Kambing Hitam Kekalahan Indonesia


Seputar Timnas - Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, menilai kondisi pemain menjadi faktor kekalahan timnya dari Filipina di penyisihan Grup A Piala AFF 2014, Selasa 25 November 2014. Firman Utina cs dianggap tidak dalam kondisi fit dalam laga yang berkesudahan 4-0 untuk kemenangan Filipina tersebut.

Pemain Indonesia memang tak menampilkan kemampuan terbaiknya dalam laga itu. Pada menit ke-16, Skuad Merah Putih sudah tertinggal 0-1 lewat gol penalti Phil Younghusband. 

Di babak kedua, stamina para pemain Indonesia kian terkuras. Hasilnya, tiga gol berhasil disarangkan The Azkals ke gawang Kurnia Meiga.

Slfred Riedl mengatakan persiapan yang minim membuat kondisi fisik pemain tak maksimal. 

"Ini merupakan laga antara pemain fit dengan pemain yang tidak fit. Ini sama seperti laga pertama kami (melawan Vietnam), tapi kali ini Filipina sukses mengkonversikan kesempatan mereka," ujar Riedl dalam konferensi pers seusai laga.

"Pada saat pemusatan latihan, sudah terlambat untuk mengembalikan fisik pemain. Karena padatnya liga, pemain berkumpul hanya 2 pekan," ia menambahkan.

Pelatih asal Austria itu tak ingin menyalahkan pemain. Menurutnya, para pemain sudah bekerja keras untuk memberikan yang terbaik.

"Mereka mencoba sangat keras. Namun, apa yang diinginkan otak tak bisa dipenuhi oleh tubuh mereka," bela mantan pelatih Vietnam itu. "Pemain sudah lelah, jadi tidak bisa apa-apa."

Dengan kekalahan ini, peluang Indonesia untuk lolos terbilang kecil. Butuh keajaiban bagi Skuad Merah Putih lolos. Indonesia baru mengoleksi satu poin dari dua laga. [viva]