Wednesday, November 19, 2014

Inilah Nasib 12 Pemain "Berdarah Asing" Bersama Timnas Indonesia

Aksi Sergio van Dijk - Liputan6
Seputar Timnas - Indonesia dalam beberapa tahun terakhir rajin melakukan naturalisasi beberapa pemain asing. Namun, tak banyak pemain keturunan tersebut yang berhasil di level tim nasional.

Program naturalisasi Indonesia dimulai sejak 2010 jelang Piala AFF. Sejak saat itu, tercatat sudah ada 12 pemain keturunan asing yang pernah menjajal seleksi tim nasional. 

Sayangnya, tak banyak yang memberikan hasil positif seperti yang diharapkan. Bahkan, hanya 4 pemain naturalisasi yang berhasil menembus skuad utama menuju Piala AFF 2014 mulai akhir November nanti.

Berikut nasib para pemain keturunan asing bersama tim nasional Indonesia sampai saat ini:

1. Cristian Gonzales
Pria berdarah Uruguay ini mampu menembus tim utama Indonesia sejak resmi mendapatkan paspor Indonesia jelang Piala AFF 2010. Performa Gonzales terus terjaga, mencetak 11 gol dalam 23 caps, sehingga terpilih dalam skuad Piala AFF 2014.

2. Victor Igbonefo
Bek berdarah Nigeria ini tampil cukup baik bersama Arema Cronus. Alfred Riedl pun tak segan memilihnya sebagai salah satu pemain menuju Piala AFF nanti. Sayang, kondisinya masih rentan dibekap cedera.

3. Raphael Maitimo
Pemain naturalisasi terakhir yang berhasil masuk skuad timnas Indonesia menuju Vietnam. Sejak jadi WNI pada 2012, ia sempat tampil di Piala AFF pada tahun yang sama dan mencetak satu gol. Kinerjanya di lini tengah memang cukup menjanjikan.

4. Sergio van Dijk
Pria berusia 32 tahun ini menjadi pemain terakhir yang dinaturalisasi menjadi WNI. Eks penyerang Persib Bandung yang sekarang memperkuat klub Liga Thailand, Suphanburi, ini pun dipercaya masuk tim Piala AFF 2014. Satu gol berhasil dicetaknya dalam 4 laga bersama Timnas.

5. Greg Nwokolo
Winger yang resmi menjadi WNI sejak Oktober 2011 ini memang tampil kurang konsisten bersama Timnas. Greg sejauh ini baru mendapatkan 4 caps dengan 1 gol saja. Cedera tungkai kaki membuat dia gagal tampil di Piala AFF 2014.

6. Diego Michiels
Kontroversi lebih kerap menghinggapi pemain berdarah Belanda ini daripada prestasi. Diego tercatat lebih sering tampil bersama Timnas U-23 (16 caps) dibandingkan dengan Timnas senior (2 caps). Ia pun tak terpilih masuk tim Piala AFF kali ini.

7. Stefano Lilipaly
Salah satu pemain naturalisasi yang digadang-gadang menjadi playmaker masa depan timnas. Sayangnya, ia baru tampil satu kali sejak jadi WNI pada 2011 dan sekarang tak terpilih masuk tim, bahkan tidak dipanggil untuk ikut seleksi.

8. Tonnie Cussel
Sejak menjalani debut bersama Timnas pada 14 November 2012, Cussel hanya tampil dua kali berkostum Indonesia. Sempat tampil di Piala AFF 2012, tapi ia sudah memutuskan untuk pensiun dari level internasional pada 2014 dan memilih kembali ke Belanda.

9. Jhon van Beukering
Memori terakhir suporter Timnas terhadap Van Beukering mungkin tubuh bongsornya saat tampil di Piala AFF 2012. Hanya dua caps dicatatkan sepanjang karirnya bersama Timnas.

10. Ruben Wuarbanaran
Nama Ruben keburu tersingkir dari persaingan menuju timnas Indonesia karena performanya terus merosot. Bahkan, Barito Putera memutuskan untuk memecat pria 24 tahun ini pada awal musim lalu.

11. Irfan Bachdim
Irfan memang bukan pemain naturalisasi, karena memilih menjadi WNI daripada warga negara Belanda. Ia pun menjadi salah satu "anak emas" Riedl pada Piala AFF 2010. Sayangnya, Irfan dipastikan absen di Piala AFF nanti karena cedera yang masih menderanya sehingga terpaksa dicoret dari tim.

12. Kim Jeffrey Kurniawan
Salah satu pemain yang juga memilih paspor WNI daripada jadi warga Jerman. Namun, ia masih belum dapat kesempatan tampil di level Timnas. Performanya belakangan meningkat bersama Pelita Bandung Raya. Ia bisa saja dapat kesempatan masuk Timnas di masa depan.[viva]