Tuesday, November 11, 2014

Ini Skema Timnas di Dua Laga Uji Coba


Seputar Timnas - Dalam beberapa uji coba yang digelar Timnas Indonesia sebelumnya, pelatih Alfred Riedl kerap memakai skema 4-2-3-1 atau 4-4-2. Skema itu diyakini akan tetap dipertahankan oleh pelatih berpaspor Austria itu saat Timnas berkiprah di Piala AFF 2014 di Vietnam.

Dua pertandingan uji coba telah disiapkan Tim Garuda sebelum bermain di turnamen yang berlangsung 22 November -20 Desember 2014. Yang pertama, Timnas menjajal Timor Leste pada Selasa 11 November 2014, yang kedua melawan Suriah pada Sabtu 15 November 2014.

Asisten pelatih Timnas, Widodo C. Putro, mengungkapkan, skema yang akan diterapkan kepada Ahmad Bustomi dan kawan-kawan juga melihat kondisi pemain. Kebutuhan tim saat di lapangan juga menjadi pertimbangan sebelum tim pelatih menentukan skema apa yang diterapkan.

"Kami akan menerapkan 4-2-3-1, tapi nanti juga melihat kondisi terakhir pemain. Bisa saja akan diterapkan 4-4-2, karena kami tak ingin memaksakan pemain yang belum fit betul," kata Widodo kepada wartawan, Senin 10 November 2014.

Menurut mantan pelatih Gresik United ini, yang perlu dilakukan Timnas adalah mematangkan permainan, terutama filosofi bermain. Selain itu, persiapan jenis lain dilakukan oleh anak-anak asuhan Alfred Riedl dan tim pelatih juga menanamkan pemahaman antar pemain saat di lapangan.

“Ada teori persepsi persamaan dalam bermain, kita juga sediakan video rekaman untuk dianalisis, kita lihat kelemahan dan kekuatan permainan baik lawan maupun tim kita sendiri, dan juga visualisasi,” paparnya.

Di Piala AFF 2014, Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Vietnam, Filipina, dan Laos. Laga pertama, Tim Garuda melawan Vietnam pada 22 November 2014, dilanjutkan menghadapi Filipina pada 25 November 2014, terakhir kontra Laos pada 28 November 2014.[viva]