Saturday, November 29, 2014

Ini Rapor Permainan Timnas Indonesia Usai Bantai Laos 5-1


Seputar Timnas - Tim nasional Indonesia meraih hasil cukup menghibur di laga terakhir Grup A Piala AFF 2014, saat menang besar 5-1 atas Laos hari Jumat kemarin.

Sayang, tiga poin dan skor telak ini tak bisa meloloskan Indonesia ke babak semifinal. Vietnam dan Filipina berhasil lolos dari Grup A dengan poin lebih unggul.

Meski begitu, penampilan Indonesia bisa dibilang cukup baik. Apalagi dalam sisi penyerangan, lebih efektif. Namun belum terlihat perkembangan signifikan di sektor belakang.

Berikut rapor permainan tim nasional Indonesia,usai menang telak 5-1 atas Laos:

I Made Wirawan: 7,5
Tampil sangat baik mengawal gawang Indonesia dari gempuran pemain Laos. Total sembilan tendangan ke arah gawang I Made dan hanya satu yang masuk, itu pun dari titik penalti. Pujian khusus diberikan oleh Alfred Riedl padanya.

Victor Igbonefo: 6
Tampil cukup baik menjadi jantung pertahanan Indonesia. Kerap menjadi pembersih kesalahan-kesalahan Achmad Jufriyanto.

Achmad Jufriyanto: 5
Penampilan Jupe kembali tidak maksimal, setelah dua laga sebelumnya tampil dengan performa kurang lebih sama. Bek Persib Bandung ini kerap lakukan salah antisipasi, yang salah satunya berbuah kartu merah dan penalti.

Zulkifli Syukur: 6
Tampil baik menjaga sektor kanan pertahanan Indonesia. Memiliki kecepatan dalam menyerang dan bertahan. Pemain Laos sampai jarang menyerang dari sektor yang dijaga Zulkifli.

Supardi Nasir: 4
Tampil buruk saat diturunkan menggantikan Rizky Pora yang kena kartu merah. Supardi juga diusir wasit, bahkan saat laga baru berjalan 27 menit. Sebelum di kartu merah, penampilan Suparti juga buruk kerap salah umpan.

Hariono: 6
Tampil cukup baik saat diberikan kepercayaan oleh Riedl untuk memperkuat tim utama. Perannya semakin terlihat saat timnas bermain 10 orang. Tampil dominan di babak pertama.

Manahati Lestusen: 6
Permainan Manahati lebih baik, karakternya begitu terlihat saat memotong serangan lawan. Ia juga ternyata cukup baik dalam ofensif. Berperan besar dalam pertahanan saat main 10 orang.

Evan Dimas: 7,5
Bermain luar biasa dalam debutnya di Piala AFF. Mencetak gol lewat tendangan akurat di awal babak pertama dan menyodorkan umpan cantik yang berbuah gol ketiga. Ketenangan jadi kunci permainan Evan Dimas.

Boaz Solossa: 6
Tidak terlalu mencuri perhatian dalam membangun serangan. Aksi individu Boaz memang memikat, namun kadang terlalu lama untuk melakukan eksekusi. Sepakan bola matinya pun jarang ada yang membahayakan.

Ramdani Lestaluhu: 7,5
Berhasil dua kali mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan mendatarnya di menit 20 dan sontekannya di depan gawang pada babak kedua berkat insting menyerang Ramdani. Sayang, ia alami cedera di menit 56.

Cristian Gonzales: 6,5
Tampil cukup baik sepanjang 90 menit. Mampu menjadi tembok untuk skema umpan-umpan panjang yang dimainkan Indonesia. Matang dan mampu mengalirkan bola dengan baik. Satu assists dan beberapa peluang emas dibuat El Loco.

Pemain Pengganti
Muhammad Ridwan: 6,5
Tampil cukup baik saat diplot sebagai pengganti Ramdani. Mampu memanfaatkan terbukanya ruang di pertahanan Laos. Satu umpan matangnya berbuah gol keempat Indonesia.

Zulham Zamrun: 7
Meski baru masuk di menit ke-66 menggantikan Boaz, Zulham tampil impresif. Kecepatannya di sisi kiri selalu merepotkan lawan. Finishing cantik juga dibuatnya menyambut umpan Ridwan.

Firman Utina: -
Masuk pada menit 84 menggantikan Hariono. Waktu bermain terlalu sebentar untuk dapat penilaian. 

Pelatih:
Alfred Riedl: 7
Berani menurunkan wajah-wajah baru pada laga ini, dan terbukti amat positif. Indonesia lebih berani menyerang dan pergantian Riedl kini terbukti lebih ampuh dibanding saat hadapi Filipina. [viva]