Wednesday, November 12, 2014

Ini Keunggulan Vietnam Dibandingkan Timnas Indonesia


Seputar Timnas - Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2014 bersama tuan rumah Vietnam, Filipina, dan Laos. Vietnam diyakini menjadi lawan tersulit Tim Garuda, oleh karena itu pula pelatih Timnas senior, Alfred Riedl, sengaja memantau tim berjuluk The Red Warriors tersebut.

Sudah dua kali Riedl memata-matai permainan Vietnam, yang pertama saat tim asuhan Toshiya Miura menang 3-1 atas Hong Kong pada September 2014. Kemudian, akhir pekan lalu Riedl juga sengaja menyaksikan langsung saat Vietnam dibekap 1-3 oleh Palestina.

Riedl, yang pernah menangani Vietnam, melihat Indonesia masih kalah cepat dari Nguyen Van Quyet dan kawan-kawan. Selain itu, pelatih berusia 65 tahun ini menganggap, Vietnam memiliki persiapan lebih baik ketimbang timnya.  

“Kemarin saya menyaksikan Vietnam melawan Palestina, mereka (Vietnam) lebih cepat dari kita. Mereka lebih aktif dari kita. Yang jelas, Vietnam punya persiapan lebih komplet sejak dua bulan lalu,” ujar Riedl dalam konferensi pers di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 11 November 2014.

“Sementara, kami tidak pernah berkumpul komplet saat pemusatan latihan. Baru besok para pemain di skuad kami komplet sebelum bermain di Piala AFF,” lanjutnya.

Timnas Indonesia mampu menang 4-0 atas Timor Leste dalam laga uji coba sebagai persiapan tampil di Piala AFF 2014 di Vietnam pada 22 November-20 Desember mendatang.  Riedl menilai, beberapa hal positif dia catat dalam kemenangan anak-anak asuhannya tersebut.

“Ada beberapa hal positif, 2 gol dari sayap kanan, cross Zulkifli (Syukur) bagus, gol Evan (Dimas) dan Zulham juga bagus,” beber pelatih asal Austria ini.

 “Hal lain yang bagus adalah, hari ini kami cleansheet, pertahanan lumayan bagus. Yang kurang,  yang ingin saya lihat, kami main lebih cepat, transisi lebih cepat, dan ambil keputusan dengan lebih cepat,” terang dia.[viva]