Wednesday, November 26, 2014

Ini Kekalahan Pertama Sekaligus Memalukan Bagi Indonesia


Seputar Timnas - Ajang Piala AFF 2014 mungkin akan diingat sebagai salah satu yang memalukan bagi Indonesia. Pasalnya, tim asuhan Alfred Reidl menelan kekalahan 0-4 dari Filipina, tim yang sebelumnya belum pernah merasakan satu kemenangan pun atas Indonesia.

Pada laga kedua Grup A yang dihelat Selasa 25 November 2014, Indonesia sebenarnya diharapkan menang, usai bermain imbang 2-2 pada laga pertama kontra tuan rumah Vietnam. Namun, kenyataannya gawang Kurnia Meiga diberondong 4 gol tanpa balas.

Ini merupakan pertemuan ke-22 Indonesia dan Filipina, baik di kompetisi resmi maupun persahabatan. Dan, kekalahan ini menjadi sejarah, mengingat pada 21 laga sebelumnya, Indonesia menang 19 kali dan dua pertandingan berakhir imbang.

Bukan hanya itu, sebelumnya, rekor gol Indonesia ke gawang Filipina juga fantastis. Total, 21 gol disarangkan Indonesia, sedangkan The Azkals hanya satu kali membobol gawang Tim Garuda. Itu tak terlepas dari kemenangan besar 13-1 pada Piala Tiger 2002.

Namun, kini situasi seakan berbalik. Indonesia tak mampu menyuguhkan skema permainan yang jelas. Sedangkan Filipina bermain apik dan mengandalkan kecepatan para pemainnya untuk membombardir gawang Tim Garuda.

Selain itu, kekalahan tersebut juga mempersulit langkah Indonesia menuju babak semifinal, sedangkan Filipina sudah dipastikan lolos. Meski masih menyimpan peluang, tapi kans Tim Garuda untuk lolos sangat tipis.

Sebab, Vietnam menjadi calon kuat tim yang menemani Filipina ke semifinal. Jika Vietnam menang atas Laos, maka peluang Indonesia hampir habis.[viva]