Sunday, November 9, 2014

Ini Alasan Riedl Gak Bisa-Bisa Berbahasa Indonesia


Seputar Timnas -  Pelatih Timnas senior Indonesia, Alfred Riedl, terbilang cukup lama untuk mengenal Indonesia. Kendati tak menetap di Indonesia, pelatih berpaspor Austria ini setidaknya sering bercengkrama dengan orang-orang Indonesia. 

Namun, kemampuan berbahasa Indonesia Riedl terbilang masih kurang, bahkan dia masih sering memakai bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, termasuk kala meladeni pertanyaan wartawan. Dalam suatu latihan, Riedl terkadang hanya menyelipkan kata “bagus”, saat melihat anak-anak asuhannya berlatih sesuai yang diinginkannya. 

Ketika ditanya kenapa dia belum menguasai bahasa Indonesia, padahal sudah lama tinggal di Indonesia, Riedl mengaku sesungguhnya dia belum sampai menetap bertahun-tahun. Selain itu, Riedl menganggap, sejauh ini tak ada masalah sehingga dia merasa belum perlu menggunakan bahasa Indonesia.     

“Saya sebelumnya pernah di Indonesia dari Mei 2010 sampai Juli 2011. Kemudian, saya datang ke sini lagi sejak Januari 2014. Saya belum bertahun-tahun tinggal di Indonesia,” kata Riedl.

Selain itu, Riedl juga membeberkan bagaimana para pemainnya bisa mengerti apa instruksinya di lapangan. Mantan pelatih Vietnam ini juga tak khawatir, karena jika ada yang tak mengerti dengan instruksinya, ada sang asisten pelatih, Wolfgang Pikal, yang kebetulan lancar berbahasa Indonesia.

“Beberapa pemain tim nasional bisa berbahasa Inggris, jadi tak ada masalah. Jika dibutuhkan, pelatih Wolfgang juga bisa menerjemahkan kepada pemain dengan bahasa Indonesia,” ungkapnya. [viva]