Tuesday, November 11, 2014

Indonesia Vs Timor Leste: Ajang Seleksi Pemain Jelang Piala AFF 2014


Seputar Timnas -  Tim nasional (timnas) Indonesia akan melakoni laga uji coba kontra Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa 11 November 2014. Ini merupakan rangkaian persiapan Skuad Garuda menuju Piala AFF di Vietnam, 22 November-20 Desember 2014.

Meski hanya uji coba, pasukan Alfred Riedl tentu tak mau bermain santai dalam laga ini. Pasalnya, timnas Indonesia akan tampil di hadapan pendukungnya sendiri.

Selain itu, laga ini juga jadi ajang pembuktian bagi para pemain. Riedl mengatakan akan memantau seluruh pemain yang ada, minus pemain Persib Bandung dan Persipura Jayapura. Pemain dari kedua klub itu diberi dispensasai bergabung telat ke TC karena baru berlaga di final Liga Super Indonesia (ISL) 2014, Jumat lalu.

"Saya ingin melihat performa pemain yang baru bergabung ke skuad. Kami akan coba semua pemain yang ada," kata Riedl. 

Secara khusus, Riedl juga akan memberikan penilaian kepada striker Sergio van Dijk. "Van Dijk akan saya nilai performanya di laga kontra Timor Leste," tuturnya. 

Van Dijk Siap Bayar Kepercayaan

Pemanggilan Van Dijk sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, pemain naturalisasi asal Belanda ini sebelumnya sempat "terlupakan".

Pemain 32 tahun ini pun mengaku senang akhirnya dipanggil kembali masuk Skuad Garuda. Dia merasa termotivasi untuk memberikan yang terbaik. 

"Saya termotivasi karena setiap kali gabung Timnas, saya merasa bangga. Semua pemain pasti memperlihatkan kepada pelatih bahwa mereka ingin masuk ke tim untuk Piala AFF di Vietnam,” kata Van Dijk.

Pemain yang kini berlaga di Liga Thailand tersebut berhasrat untuk mencetak gol perdananya bagi Tim Merah Putih. "Pemain pasti menunjukkan penampilan bagus, semua pemain akan kerja keras untuk dipilih oleh pelatih," lanjutnya.

Proses Seleksi Dimulai

Uji coba kontra Timor Leste menjadi ajang pertama bagi para pemain membuktikan diri layak dibawa ke Vietnam. Jika tampil mengecewakan di laga ini, para pemain masih punya satu peluang lagi untuk menyakinkan tim pelatih.

Ya, setelah melawan Timor Leste, Skuad Garuda dijadwalkan bertemu dengan Suriah, Sabtu nanti. Dari dua laga uji coba inilah, tim pelatih timnas Indonesia akan menentukan 23 pemain yang akan mengisi skuad inti untuk Piala AFF nanti. 

"Kami berharap dari 2 laga uji coba sisa ini, para pemain bisa mengeluarkan yang terbaik. Diharapkan, kami bisa mendapat 23 pemain terbaik," kata asisten pelatih timnas Indonesia,  Widodo Cahyono Putro.

Mantan pelatih Gresik United ini mengungkapkan, Riedl juga bingung dalam memilih siapa pemain yang benar-benar layak dibawa ke Vietnam. Untuk itu, diharapkan dua laga uji coba ini akan memudahkan pelatih asal Austria itu untuk menentukannya. 

Timor Leste Andalkan Pemain Muda

Pelatih Timnas Timor Leste, Antonio Vieira, akan mengandalkan pemain muda. Meski demikian, Vieira tetap berharap anak-anak asuhannya bermain bagus lawan Tim Garuda.

"Ini laga ketiga kami, dari hasil-hasil pertandingan sebelumnya, kurang memuaskan. Saya berharap, pertandingan besok kami bisa tampil baik," kata Vieira.

Vieira menjelaskan akan berusaha memberikan kesempatan lebih kepada pemain Timor Leste U-19.  Dia sengaja melakukannya untuk memberikan pengalaman kepada para pemain masa depan Timor Leste.

"Transformasi yang sedang kami lakukan saat ini adalah memberi kesempatan untuk pemain dari Timnas U-19," tuturnya. [viva]