Sunday, November 16, 2014

Djohar: Tidak Ada Rahasia dalam Sepak Bola


Seputar Timnas - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, mengatakan saat ini tidak ada rahasia-rahasia dalam sepak bola, terutama soal kehadiran pelatih lawan untuk memantau laga calon lawan yang akan dihadapinya.

Saat laga Indonesia melawan Suriah di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/11/2014), pelatih Vietnam Toshiya Miura terlihat hadir di tribun VIP. Miura ditemani oleh salah satu pengurus Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Kedatangan Miura jelas untuk mengamati permainan Indonesia. Sebab, Indonesia akan menjadi lawan pertama Vietnam pada laga AFF Suzuki Cup 2014, 22 November mendatang.

Djohar mengatakan sempat menyambut kehadiran Miura dan rekannya. Namun, menurut Djohar, tidak ada pembicaraan soal sepak bola saat mereka bertemu.

"Mereka mungkin memang mau mengamati permainan Indonesia. Hanya sebatas itu. Tidak ada rahasia-rahasia dalam sepak bola. Kita bisa melihat pertandingan sepak bola dengan bebas, bahkan melalui internet," kata Djohar kepada Kompas.com seusai laga Indonesia kontra Suriah.

"Saya menerima kedatangan mereka. Kami sebagai Federasi Sepak Bola Indonesia harus menyambutnya. Hal serupa juga dialami Alfred Riedl saat ke Vietnam, beberapa hari lalu. Riedl juga disambut baik oleh Federasi Sepak Bola Vietnam," lanjut Djohar.

Sementara itu, Miura lebih banyak diam saat dimintai keterangan oleh para wartawan. Tidak seperti Riedl yang lebih "vokal" kepada wartawan Vietnam, kali ini Miura hanya menjawab singkat beberapa pertandingan dari awak media asal Indonesia.

"Indonesia lawan pertama kami. Saya lihat pertandingan tadi bagus untuk kedua tim. Sayangnya, Irfan Bachdim tidak main karena cedera," kata Miura singkat.[kompas]