Wednesday, November 26, 2014

Dituding Menang Gara-gara Naturalisasi, Ini Kata Pelatih Filipina


Seputar Timnas - Tim nasional (timnas) Filipina tampil luar biasa di Piala AFF 2014. The Azkals menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke semifinal setelah menang di dua laga awal.

Hebatnya lagi, Filipina mencetak 8 gol dan hanya satu kali kebobolan dari dua laga itu. Korban terakhir adalah timnas Indonesia yang dilumat empat gol tanpa balas, Selasa kemarin.

Banyak yang menilai, keperkasaan The Azkals tak lepas dari strategi menaturalisasi pemain eropa. Saat meladeni Indonesia, ada 11 pemain "impor" tampil membela Filipina

Bahkan empat pemain di antaranya sukses mencetak gol kemenangan Filipina. Phil Younghusband mencetak gol di menit ke-16, Manuel Ott pada menit ke-56, Martin Steuble menit ke-68 dan terakhir Robert Gier yang mencetak jelang akhir pertandingan.

Pelatih Filipina, Thomas Dooley, mengaku tak begitu paham dengan jumlah pemain naturalisasi yang dimiliki timnya. Namun, dia tak menganggap para pemain pantas membela timnas karena memiliki darah Filipina.

"Saya tak tahu pasti berada banyak pemain naturalisasi dalam tim ini. Tapi ketika orangtua mereka adalah orang filipina, mereka punya darah Filipina. Mereka punya hak untuk membela tim nasional Filipina," tegas Dooley seperti dikutip Vietnam+.

Yang pasti, pelatih kelahiran Jerman ini mengaku senang dengan pencapaian timnya. Bagi Dooley, seluruh pemain sudah memberikan yang terbaik untuk negaranya.[viva]