Tuesday, November 25, 2014

Dibantai Filipina 4-0, Langkah Indonesia Terjal


Seputar Timnas -  Langkah Timnas Indonesia keluar dari fase Grup A AFF Cup 2014 kian berat, setelah dipermalukan Filipina dengan skor telak 0-4 di My Dinh National Stadium. Kekalahan pun diperparah dengan kartu merah yang diterima Rizky Rizaldi Pora di babak kedua.

Hasil ini membuat Indonesia turun ke peringkat tiga dengan koleksi satu poin dari dua pertandingan. Sementara Filipina pasti lolos ke semifinal, dengan koleksi enam poin. Di laga kedua Grup A, Vietnam akan bertemu dengan Laos.

Babak Pertama

Manahati Lestusen dan Boaz Solossa kali ini dibangkucadangkan Alfred Riedl, dan ia menggantikannya dengan Firman Utina serta pencetak gol penyama kedudukan Indonesia saat melawan Vietnam, Samsul Arif Munip.

Peluang pertama langsung didapat Indonesia di menit-menit awal pertandingan. Kemelut yang terjadi di depan gawang Filipina hampir saja membuahkan gol untuk Indonesia, beruntung masih ada orang yang berdiri di bawah mistar gawang Patrick Deyto untuk membuang bola.

Kedua tim memulai pertandingan dengan tempo lambat, dan membangun serangan perlahan. Namun Filipina mampu membuat Kurnia Meiga bekerja mengamankan gawangnya di menit 10, saat menepis tendangan Misagh Bahadoran.

Gol! Filipina mampu unggul terlebih dahulu atas Indonesia di menit 15 via tendangan penalti. Pelanggaran sebelumnya terjadi akibat Firman Utina melanggar Phil Younghusband di kotak terlarang saat merangsek masuk ke kotak penalti.

Striker Loyola Meralco Sparks itu pun mengeksekusi sendiri tendangan penalti tersebut dan menjalankan tugasnya dengan baik. 1-0 untuk Filipina, dan pergantian pemain dilakukan Thomas Doyle saat mengganti Juan Luis Guirado yang cedera dengan Rob Gier.

Indonesia belum mampu menyamakan kedudukan hingga menit 25, dan pertahanan Filipina masih sulit dilewati Serginho van Dijk dan juga Samsul Arif. Indonesia juga tampak terburu-buru saat membangun serangan.

Tim Garuda menekan pertahanan Filipina untuk menyamakan kedudukan, namun sejak unggul 1-0. Filipina bermain dengan pola serangan balik yang justru menjadi ancaman untuk Indonesia.

Blunder pemain Indonesia jelang akhir laga babak pertama hampir saja membuat Filipina mencetak gol lagi. Beruntung Kurnia Meiga mampu mengamankan gawang, skor 1-0 pun bertahan menutup babak pertama.

Babak Kedua

Melihat Ridwan tidak efektif di sektor sayap kanan Indonesia, Riedl memasukkan Boaz Solossa menggantikannya di awal babak kedua ini. Zulham Zamrun dan Boaz pun bertukar posisi sayap.

Namun justru Filipina yang kembali menjauh di menit 52. Kali ini pemain naturalisasi Jerman, Manuel Ott yang menambah keunggulan Filipina. Gelandang yang bermain di Ceres, Filipina itu mencetak gol indah dengan tendangan keras yang dilakukannya dari luar kotak penalti. 2-0 Filipina menjauh.

Kelengahan Indonesia kembali menjadi malapetaka di menit 67. Gol bahkan tercipta unik, karena para pemain Indonesia terlihat belum siap mengantisipasinya. Berawal dari backpass bek yang diterima Kurnia Meiga.

Wasit memberikan tendangan bebas di dalam kotak penalti Indonesia, namun para pemain Indonesia sibuk melakukan protes kepada wasit dan Younghusband pun memanfaatkan hal tersebut dengan memberikan bola kepada Martin Steuble yang dengan mudah mencetak gol. 3-0 Indonesia kian tertinggal.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, Indonesia tertiga tiga gol dan harus bermain dengan 10 orang di 15 menit waktu tersisa. Rizky Rizaldi Pora menjadi orang terakhir yang melanggar Younghusband dan dikartu merah wasit di menit 72.

Azkals kian mempermalukan Indonesia di menit 79. Gol kali ini datang dari pemain yang masuk menggantikan Juan Luis Guirado di babak pertama, Rob Gier. Sempat menanduk bola menyambut umpan rekannya, ia kembali menyambar bola rebound. 4-0 untuk Filipina dan bertahan hingga pertandingan usai.[okezone]

Susunan Pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga, Achmad Jufriyanto, Muhammad Roby, Rizky Rizaldi Pora, Zulkifli Syukur, Muhammad Ridwan (Boaz Theofillus Erwin Solossa 46’), Raphael Maitimo, Firman Utina (Manahati Lestusen 71’), Zulham Malik Zamrun (Cristian Gonzales 64’), Samsul Arif, Serginho van Dijk

Filipina: Patrick Deyto, Amani Aguinaldo, Simone Rota, Daisuke Sato, Juan Luis Guirado (Rob Gier 15’), Martin Steuble, Manuel Ott, Jerry Lucena, Misagh Bahadoran (Simon Greatwich 85’), Patrick Reichelt (Christopher Greatwich 72’), Phil Younghusband