Friday, November 28, 2014

Bantai Laos 5-1, Indonesia Tetap Tersingkir


Seputar Timnas - Tim Nasional Indonesia menang 5-1 atas Laos pada laga terakhir Piala AFF 2014 di Hang Day Stadium Jumat (28/11). Meski menang, namun Skuat Garuda gagal melaju ke semifinal karena kalah bersaing dengan Vietnam dan Filipina.

Dengan kemenangan atas Laos, Indonesia mengoleksi 4 poin dan finis di posisi 3 klasemen Grup A. Sementara Vietnam yang mengalahkan Filipina 3-1 keluar sebagai juara grup dengan 7 poin. Adapun Filipina menjadi runner up dengan 6 angka.

Melawan Laos, Skuat Garuda membuka keunggulan pada menit 8 melalui Evan Dimas. Tembakan Evan ke pojok kanan atas gawang gagal dihentikan kiper Seng Athit. Indonesia pun unggul 1-0.

Menit 20, giliran Ramdani Lestaluhu yang menambah keunggulan Indonesia. Berawal dari umpan pendek Cristian Gonzales di kotak panalti. Bola langsung disambar oleh Ramdani.

Menit 28, Indonesia kehilangan Supardi. Berawal dari serangan balik cepat, Supardi terpaksa melakukan pelanggaran kepada Sayyabounsou. Bek Persib itu pun langsung mendapat kartu merah. Wasit kemudian menunjuk titik putih.

Khampheng Sayavuth yang menjadi algojo berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Dia mengirim bola ke kanan gawang tanpa bisa dihentikan kiper I Made Wirawan. Hingga babak pertama usai, Indonesia unggul 2-1.

Di menit 50,  Ramdani kembali mencatatkan namanya di papan skor. Melalui skema serangan balik, Evan Dimas melepas umpan ke mulut gawang yang disambut Ramdani lewat sebuah sontekan.

Gol keempat Indonesia dicetak Zulham Zamrun pada menit 82. Umpan tarik dari sisi kanan berhasil disontek winger Mitra Kukar itu.

Dua menit sebelum laga usai, Kapten Laos Ketsada Souksavanh membuat gol bunuh diri karena salah mengantisipasi umpan Zulham. Hingga laga usai, skor tetap 5-1 untuk kemenangan Indonesia.[liputan6]


Susunan Pemain
Timnas Indonesia: I Made Wirawan; Zulkifli, Igbonefo, Ramdani, Evan Dimas, Boaz Salossa, Cristian Gonzales, Achmad Jufriyanto, Supardi, Hariono, Manahati

Laos: Seng Athit; Phommapanya, Souksavanh, Khounsamnan, Phommasane, Sihavong, Lithideth, Soukh Aphone, Sipasong, Sayyabounsou, Sayavuth.