Tuesday, November 11, 2014

Ada "Rebutan" Tempat di Lini Depan Timnas Indonesia


Seputar Timnas - Barisan depan Timnas Indonesia diisi oleh penyerang-penyerang mumpuni yang siap menjebol gawang lawan. Situasi ini membuat pelatih Alfred Riedl memiliki banyak pilihan, namun bingung siap yang harus dicoret sebelum berangkat ke Piala AFF 2014 di Vietnam.

Mengenai penyerang yang dibutuhkan oleh Tim Garuda, asisten pelatih Wolfgang Pikal menyebut, ada beberapa tipikal yang dibutuhkan. Oleh karena itu, Timnas senior berencana membawa striker dengan tipikal berbeda dalam 23 pemain yang diberangkatkan ke Piala AFF 2014.  

Seperti diketahui, dari lima striker yang terdaftar dalam 35 pemain di skuad sementara, Sergio van Dijk dan Cristian Gonzales adalah tipikal striker yang lebih suka menunggu bola di area kotak 16 lawan. Tipikal berbeda dimiliki oleh Samsul Arif, Boaz Solossa, dan Ferdinand Sinaga, yang merupakan penyerang penjelajah yang bisa membuka ruang bagi rekan setim di area pertahan lawan. 

"Saat ini untuk posisi striker masih bersaing. Tentu yang diutamakan siapa yang bisa bikin banyak gol atau jadi top skor," kata Pikal kepada wartawan seusai memimpin latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 10 November 2014.  

"Untuk striker juga bagus bila bisa kombinasikan tipe yang beda-beda, seperti, ada satu yang di kotak 16 seperti Sergio dan Gonzales, striker yang lain ada yang cepat," sambungnya.

Dalam dua laga uji coba yang akan dilakoni Timnas Indonesia sebelum berangkat ke Vietnam, lima striker akan memperebutkan tempat. Dua pertandingan uji coba yang digelar di SUGBK itu mempertemukan Tim Garuda dengan Timor Leste pada 11 November 2014, lalu melawan Suriah pada 15 November 2014.[viva]