Friday, October 10, 2014

Timnas U-19 Kekuatan Penuh, Uzbekistan Kehilangan Bek Andalan

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Tim nasional Indonesia U-19 akan menghadapi Uzbekistan pada laga pembuka Piala Asia U-19, Jumat sore, 10 Oktober 2014. Bagaimana kondisi kedua tim?

Seluruh punggawa Timnas U-19 dipastikan siap tempur di Thuwunna Stadium, Yangon. Beberapa pemain yang sempat dibekap cedera dipastikan bisa tampil.

Kondisi Zulfiandi yang mengalami cedera selama dua tur terakhir (Hassanal Bolkiah Trophy dan Tur Spanyol) sudah pulih. Gelandang bertahan ini dipastikan sudah bisa tampil lawan Uzbekistan.

Kondisi kiper utama, Ravi Murdianto, serta kuartet bek Indonesia juga dipastikan fit. Hansamu Yama, Fatchurochman, I Putu Gede Juni Antara, dan Syahrul Kurniawan kemungkinan besar akan jadi pilar utama di lini belakang.

Kehadiran Zulfiandi menambah kekuatan lini tengah Indonesia yang akan diisi oleh Evan Dimas Darmono dan Paulo Sitanggang. Ini merupakan kekuatan terbaik lini tengah milik Indra Sjafri.

Pada sektor depan, Maldini Pali dan Ilham Udin Armaiyn juga dipastikan akan mengisi sisi-sisi sayap lapangan. Sedangkan ujung tombak masih akan diperebutkan oleh Muchlis Hadi dan Dimas Drajat.

Kubu Uzbekistan tidak bisa menurunkan tim terbaiknya saat melawan Indonesia. Salah satu bek andalan mereka, Akramjon Komilov, masih harus absen karena terkena sanksi.

Selebihnya, pelatih Uzbekistan, Ravshan Khaydarov, bisa menurunkan pemain-pemain terbaiknya macam gelandang muda, Bobir Daylatov, yang bermain di Rubin Kazan, serta dua penyerang utama mereka Eldor Shomurodov dan Asliddin Abdiev.

Sebagai catatan saja, Uzbekistan terhitung tim kuat di level U-19, mengingat mereka telah 3 kali melaju ke Piala Dunia U-20 yakni pada 2003, 2009 dan 2013. Pada Piala Dunia U-20 di Turki tahun lalu, Uzbek bahkan lolos sampai ke perempatfinal sebelum disingkirkan Prancis. [viva]