Tuesday, October 7, 2014

Timnas U-19 Butuh Dukungan Seluruh Lapisan Masyarakat

Rudy William Keltjes - IST
Seputar Timnas - Kekuatan timnas Indonesia U-19 di Piala AFC U-19 Myanmar kali ini tidak hanya datang dari internal tim. Dukungan masyarakat Indonesia dari berbagai lapisan juga diharapkan bisa mendongkrak permainan Evan Dimas Darmono dkk.

Terlebih, beberapa kali sempat muncul adanya pernyataan kritis dari berbagai pihak terkait penampilan Garuda Jaya akhir-akhir ini.

Kritikan tersebut memang perlu dilakukan. Namun, melihat perjuangan Garuda Jaya hingga sampai di Piala AFC u-19 ini, seharusnya hal tersebut bisa diminimalisir. Seperti yang disampaikan penasihat teknis timnas U-19, Rudy William Keltjes kemarin.

"Seharusnya semua pihak bersatu untuk mendukung timnas, jangan selalu mengkritik tim ini dengan mencari-cari masalah," katanya.

Situasi yang sangat riskan itu secara non teknis bisa mengacaukan fokus timnas U-19 ini diakui Rudy harus segera dihilangkan. "Yang dibutuhkan anak-anak saat ini adalah fokus dalam melakukan persiapan. Bisa dilihat, saat ini mereka dalam kondisi yang bagus," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Garuda Jaya memang selalu kalah dalam pertandingan mereka saat menjalani tur di Spanyol.

Tetapi yang perlu dicatat adalah, Garuda Jaya tetap menunjukkan permainan mereka yang menekan dan memainkan bola-bola pendek khas timnas U-19.

Terlebih saat ini, tim yang bermaterikan hampir 85 persen skuad Piala AFF 2013 lalu itu dalam kondisi yang prima dengan hasil tes kebugaran pemain yang diatas 60 poin.

"Mereka ini pemain yang secara fisik sudah bagus, diberikan motivasi sedikit saja juga menunjukkan perubahan yang optimal. Itu keunggulan tim ini," terang mantan pelatih klub-klub besar di Indonesia itu.

Lebih lanjut, Rudy yang juga mendampingi Indra di Sidoarjo dalam merengkuh juara piala AFF 2013 lalu menjelaskan bahwa dia tak mau terlalu dalam mencampuri kebijakan Indra Sjafri, pelatih Garuda Jaya.

"Yang jelas masyarakat perlu tahu, Coach Indra itu merupakan pelatih yang sesuai dan punya kapabilitas dalam mengasuh anak-anak muda ini," tegas Rudy.

Di tempat yang sama, Indra Sjafri menjelaskan bahwa dirinya yakin pecinta sepak bola Indonesia bakal mendukung langkahnya demi memberikan prestasi yang terbaik.

"Kalau pun ada yang acuh atau tidak mendukung kami itu urusan mereka, tetapi kami selalu optimis dengan apa yang kami lakukan," terangnya. Kesiapan Garuda Jaya sendiri sudah terbukti keampuhannya.

Mereka sudah menjalani berbagai tur yang menguras energi, baik di dalam maupun luar negeri. Terakhir mereka menjalani empat laga uji coba di Spanyol yang berakhir dua pekan yang lalu. [jawapos]