Friday, October 31, 2014

Timnas U-19 Bubar, Pemain Bebas Pilih Klub

Timnas U-19 - Bolanet
Seputar Timnas - Tim nasional sepak bola Indonesia usia di bawah 19 tahun (U-19) sudah melakukan evaluasi tahap akhir bersama Badan Tim Nasional, Kamis, 30 Oktober 2014. Direktur High Performance Unit BTN, Demis Djamaoeddin, menuturkan dengan tuntasnya evaluasi tahap akhir ini maka Timnas U-19 secara resmi telah bubar.

Saat ini para pemain berada dalam status bebas. Demis berharap klub-klub di tanah air mau merekrut para pemain muda ini. "Kami tidak bisa memaksa klub untuk merekrut mereka. Tapi kalau mereka sudah jadi milik klub, secara otomatis menjadi aset nasional," kata Demis.

Sejauh ini sudah ada tujuh pemain Timnas U-19 yang bakal memperkuat Persebaya Surabaya. Mereka adalah Evan Dimas, Putu Gede, Fatchu Rochman, Sahrul Kurniawan, Ilham Udin Armaiyn, Hargianto, dan Zulfiandi.

Dengan bergabung bersama klub, Demis mengatakan, maka para pemain sudah masuk kategori pemain profesional. Maju atau mundurnya karir akan ditentukan oleh pemain sendiri. "Peluang masuk ke Timnas selalu terbuka buat siapa saja. Kami hanya mengambil yang terbaik," kata Demis.

Para pemain Timnas ini nantinya juga diplot untuk mengisi slot tim nasional yang dirancang oleh BTN. Salah satu perhelatan terdekat ialah SEA Games 2015 dan Piala AFC U-22 pada 2015. Salah satu pemain bahkan dipastikan disertakan di timnas senior yang berlaga di Piala AFF, yakni Evan Dimas. [tempo]