Thursday, October 9, 2014

Profil: Putu Gede Juni Antara, Penjelajah dari Tanah Dewata

Putu Gede - IST
Seputar Timnas - Perannya memang tak sekrusial Hansamu Yama atau Sahrul Kurniawan di jantung pertahanan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Tapi jika Evan Dimas sebagai kreator lini tengah menemui kebuntuan, umpan-umpan crossing dari pemain berposisi fullback ini bisa menentukan. 

Putu Gede Juni Antara menjadi salah satu kekuatan Garuda Jaya. Dia menempati posisi bek kanan yang bertugas meng-cover pertahanan Merah Putih, sekaligus membantu penyerangan skuad Timnas U-19. 

Kehadirannya di posisi bek sayap hampir tak tergantikan, paling-paling perannya beberapa kali digantikan oleh Mahdi Fahri Albar, andai pemain asal Gianyar Bali itu memang tengah cedera. Nampaknya Indra Sjafri merasa cocok dengan Putu Gede untuk mengisi posisi fullback kanan.  

Di Timnas U-19, Putu Gede merupakan tipikal pemain yang memang tahan banting serta memiliki ketahanan fisik yang sangat prima. Tak ayal dia rajin menjelajah turun naik membantu pertahanan dan penyerangan timnya. 



Dengan formasi 4-3-3 yang diterapkan Indra Sjafri, praktis dua bek sayap memiliki peran vital.  Bersama dengan Muhammad Fatchurohman yang beroperasi di sisi kiri, Putu Gede seakan memiliki keharmonisan dengan rekannya untuk membuat keseimbangan, baik dalam hal menyerang, maupun bertahan.  

Namun dengan tugas yang beragam yang diemban Putu Gede, kerap kali bisa menjadi blunder buat Indra Sjafri. Putu Gede harus siaga jika Timnas U-19 dilanda serangan balik oleh lawan, kalau tidak maka menjadi malapetaka.  

Apalagi lawan seperti Uzbekistan dan Uni Emirat Arab bakal mengandalkan umpan-umpan lambung dari sayap. Dalam situasi ini, sebelum bola didistribusikan ke jantung pertahanan, peran Putu Gede sangat strategis, terutama dalam meng-cover serangan sayap lawan.[okezone]