Friday, October 10, 2014

Profil: Hendra Sandi, Sejak Kecil Ingin Jadi Pemain Top

Hendra Sandi Gunawan - IST
Seputar Timnas - Hendra Sandi Gunawan adalah anak ketiga dari empat bersaudara pasangan M Ali dan Hayani. Dia merupakan satu-satunya anak laki-laki karena ketiga saudaranya adalah perempuan.

Bakat sepak bola Hendra sudah muncul sejak dirinya masih kecil. Dia pun mengaku punya cita-cita sebagai seorang pesepak bola top, sehingga Hendra tak membuang peluang sekecil apapun untuk mewujudkan impiannya tersebut. Dia mulai merajut asa dengan mengikuti Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) PSSI Aceh Selatan, sebelum bergabung dengan klub kebanggaan masyarakat Aceh, Persiraja Banda Aceh.

Di sinilah kariernya mulai terangkat. Performanya yang cukup gemilang bersama Persiraja, membuat pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, tertarik untuk menggaetnya. Setelah menyaksikan aksi Hendra dalam sebuah pertandingan Indonesia Premier League (IPL) - sebelum kompetisi dilebur menjadi Indonesia Super League, Indra yang saat itu sedang blusukan untuk mencari bakat-bakat mudah di Tanah Air, memutuskan untuk memanggilnya.

Pada Oktober 2013, Hendra bergabung dengan Evan Dimas dan kawan-kawan, yang tengah melakukan pemusatan latihan di Yogyakarta. Dia harus bersaing dengan sejumlah pemain yang berposisi sebagai gelandang, untuk memperebutkan tempat di skuad Garuda Jaya.

Memang, Hendra masih kesulitan menggeser posisi Evan Dimas, Hargianto, Zulfiandi ataupun Paulo Sitanggang, yang nyaris tak tergantikan di lini tengah. Tetapi dia berjanji untuk terus memperlihatkan kemampuan terbaiknya untuk meyakinkan Indra, bahwa dia masih layak berada di tim masa depan Indonesia tersebut.

Meski berstatus sebagai pemain pelapis, Hendra ikut merasakan euforia Garuda Jaya ketika menjuarai Piala AFF U-19 tahun lalu, serta merebut tiket menuju putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar yang mulai bergulir 9 Oktober ini. Dia pun terpilih dalam 23 skuad Timnas U-19 yang akan memulai perjuangannya di Piala Asia, dengan misi yang lebih besar lagi yakni meraih tiket Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Selandia Baru pada 2015.

Ya, Timnas U-19 harus mencapai minimal babak semifinal untuk mendapatkan tiket menuju Selandia Baru. Pasalnya, empat tim yang lolos ke babak tersebut secara otomatis mendapat tempat bermain di ajang tersebut (Piala Dunia U-20). Semoga bisa terwujud![kompas]

Profil singkat

Nama: Hendra Sandi Gunawan
TTL: Aceh / 10 Februari 1995
Posisi: Gelandang bertahan
Klub: Persiraja Banda Aceh