Monday, October 13, 2014

La Nyalla: Kegagalan Timnas U-19 Adalah Tanggung Jawab PSSI

Ekspresi kekecewaan pemain timnas - IST
Seputar Timnas - Kalah di dua pertandingan pertama Piala Asia U-19 memastikan Indonesia langsung tersingkir. Wakil Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti, menyebut kegagalan itu menjadi tanggung jawab PSSI.

Setelah kalah 1-3 di tangan Uzbekistan pada pertandingan pertama, Indonesia gagal bangkit di laga kedua. Meski secara keseluruhan bermain lebih baik, Evan Dimas dkk menyerah 0-1 oleh Australia.

Dua kekalahan dari dua pertandingan memastikan Indonesia angkat koper cepat-cepat dari Myanmar. Masih ada satu pertandingan menghadapi Uni Emirat Arab, tapi kalaupun menang itu tak akan berpengaruh apa-apa lagi.

Terkait hasil laga tersebut La Nyalla menyebut PSSI akan bertanggung jawab, meski tidak disebutkan jelas tanggung jawab seperti apa yang bakal dilakukan. Dalam waktu dekat PSSI akan melalukan evaluasi, namun belum ada rencana jangka panjang disiapkan.

"Hasil ini (dua kali kalah) memastikan kita gagal mencapai target. Ini tanggung jawab kami, PSSI. Kita belum membuat rencana apapun terkait tim U19 ini, baik pemain dan ofisial. Sepulang dari Myanmar, kita baru akan melakukan evaluasi dengan cermat, agar bisa menghasilkan rekomendasi yang terbaik," ungkap La Nyalla, Minggu (12/10).

Sebelum turun di Piala Asia U-19 persiapan panjang sudah dilakukan timnas U-19. Puluhan pertandingan pun digelar dalam kurun setahun terakhir mulai dari Tur Nusantara sampai ujicoba ke Timur Tengah dan Spanyol.

"Biarkan tim tetap menjalani tahapan turnamen yang masih harus diselesaikan. Jangan bebani mereka dengan apapun," tuntas dia.[detik]