Friday, October 3, 2014

Ketum PSSI: Kita Doakan Saja Timnas U-19!

Djohar Arifin - ANTARA
Seputar Timnas - Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin optimistis timnas U-19 mencapai target pada putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar, 9-23 Oktober mendatang.

Menurutnya, berkaca pada berbagai laga uji coba timnas U-19, Djohar sudah melihat banyak perkembangan. Khususnya dalam segi mental, kecepatan dan kerjasama tim.

"Kami merasa empat pertandingan di Spanyol telah memberikan kemajuan. Khususnya, dalam segi mental, kerjasama tim, dan kecepatan," ujar Djohar, Kamis (2/10/2014).

Timnas U-19 ditargetkan PSSI menembus empat besar pada Piala Asia U-19. Torehan tersebut sengaja diberikan untuk mendapatkan tiket lolos ke Piala Dunia U-20 yang digelar di Selandia Baru tahun 2015 mendatang.

Namun, catatan timnas U-19 belakangan ini kurang membahagiakan. Evan Dimas dkk sering gagal meraih kemenangan pada laga uji cobanya.

Dalam empat laga tur Spanyol, timnas U-19 hanya mampu menoreh hasil terbaik menahan imbang 1-1 Valencia B. Selebihnya, ketika berhadapan Barcelona B, Atletico Madrid B, dan Real Madrid, "Garuda Jaya" kalah.

Torehan tersebut, tidak begitu berbeda ketika timnas U-19 menggelar turnamen mini, Hassanal Bolkiah Trophy 2014. Dari lima laga yang dilakoni, timnas U-19 hanya meraih satu kali kemenangan, yaitu ketika berhadapan dengan Singapura.

"Tujuan tur Spanyol pada awalnya adalah untuk membangun mental. Di sana mereka sengaja dipertemukan dengan tim-tim besar supaya nanti di Myanmar tidak grogi lagi. Jadi, sewaktu di Spanyol memang belum menunjukkan kekuatan puncaknya. Kalau ketika di Brunei, penurunan timnas U-19 sudah terbayar ketika mengalahkan Singapura 0-6," jelas Djohar.

"Mohon didoakan saja timnas U-19.  Mereka sedang berjuang untuk membuat sejarah," ucap Djohar menutup pembicaraan.[metrotv]