Tuesday, October 7, 2014

Ini Peta Kekuatan Uzbekistan, Lawan Perdana Timnas U-19 di Piala Asia

Timnas Uzbekistan U-19. (http://news.uzreport.uz)
Seputar Timnas - Timnas Indonesia U-19 akan menjalani pertandingan pertama Piala Asia 2014 melawan Uzbekistan U-19 pada 10 Oktober 2014 pukul 15.30 waktu setempat atau 16.00 WIB. Laga pembuka Grup B tersebut bakal berlangsung di Youth Training Center, Yangon, Myanmar.    

Uzbekistan bukan lawan sembarangan bagi anak-anak asuhan Indra Sjafri. Uzbekistan pada 2013 lalu mampu lolos ke Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Turki. Sebab, pada Piala Asia U-19 2012, Uzbekistan sukses melaju sampai babak semifinal, yang juga menjadi tiket langsung ke Piala Dunia U-20. 

Catatan hasil pertandingan Uzbekistan U-19 selama 2014 atau sebelum Piala Asia, juga terbilang cukup bagus. Mereka melakoni tujuh pertandingan uji coba, dua kali melawan Armenia, dua kali berhadapan dengan Hungaria, dan dua kali menghadapi Albania, serta sekali melawan Libya. 

Libya menjadi korban keganasan Ubzekistan setelah ditekuk 4-2. Kemudian, Uzbekistan sekali menang dan sekali imbang dari dua laga yang dilakoni melawan Armenia. Lalu, mereka juga sekali menang dan sekali imbang kala bertemu Hungaria. Sayangnya, Uzbekistan dua kali dibantai Albania dengan skor telak 0-7 dan 0-5. 

Dalam kualifikasi Piala Asia U-19 2014, Uzbekistan lolos dengan status runner up grup, karena kalah bersaing dengan Qatar yang melaju sebagai juara grup. 

Uzbekistan jelas bukan lawan sembarangan bagi Evan Dimas cs, dengan rekam jejak mereka yang pernah lolos ke Piala Dunia U-20. Namun, Uzbekistan U-19 ternyata tidak dibesut pelatih yang sama ketika berlaga di kualifikasi Piala Asia U-19 2014. Uzbekistan U-19 kini ditangani oleh Ravshan Khaydarov sejak 24 Juni 2014. 

Khaydarov ternyata tidak memiliki pengalaman melatih untuk level pemain remaja. Meski demikian, Khaydarov adalah pelatih yang disegani di Uzbekistan, setelah dua kali menjadi runner up pelatih terbaik di negaranya yakni pada 2005 dan 2007.         

Untuk skuad, Uzbekistan punya sejumlah pemain yang harus diwaspadai Evan Dimas dan kawan-kawan. Salah satunya adalah gelandang muda klub Rusia, Rubin Kazan; Bobir Daylatov. Javokhir Sokhibov dan Sardorbek Azimov juga jadi dua pilar yang cukup berpengaruh di lini tengah Ubzekistan. 

Lalu, ada Eldor Shomurodov dan duetnya bersama Asliddin Abdiev, yang siap menggedor pertahanan Garuda Jaya. Andrey Sidorov juga seringkali dipercaya menjadi ujung tombak bila duet Shomurodov dan Abdiev buntu.[viva]