Thursday, October 30, 2014

Ini Kelemahan Utama Timnas U-19 di Piala Asia 2014

Timnas U-19 - IST
Seputar Timnas - Pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, membeberkan kelemahan utama timnya saat berlaga di Piala Asia 2014, Myanmar. Menurutnya, inilah yang membuat Timnas U-19 gagal lolos fase grup.

Pada Kamis 30 Oktober 2014 siang tadi, Indra beserta para asistennya mendatangi kantor PT Liga Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta, untuk menghadiri rapat evaluasi performa Timnas U-19 di Piala Asia. Rapat tersebut berlangsung sejak pukul 11.00 hingga 14.30 WIB. 

"Yang dibicarakan tadi mengenai kekurangan Timnas U-19 selama di Myanmar," jelas Indra.

Publik menilai kegagalan Timnas U-19 di Piala Asia lebih diakibatkan pemusatan latihan (TC) yang terlalu panjang. Melalui media sosial, masyarakat sering menghujat kebijakan PSSI dan BTN yang menyediakan banyak uji coba lewat rangkaian Tur Nusantara.

"Saya mohon, masyarakat jangan menghakimi para pemain akibat kegagalan di Piala Asia. Inti dari pembinaan usia dini adalah menyiapkan bibit-bibit unggul untuk tim senior," ujar Indra menanggapi situasi tersebut.

Pria asal Minang ini justru mengakui kelemahan Timnas U-19 berasal dari pribadi para pemain. Kualitas skil individu Evan Dimas dan kawan-kawan dianggap masih jauh di bawah standar. 

"Untuk bersaing di level Asia belum bisa. Saya sudah sadari hal itu sejak awal," ucap Indra.[viva]