Monday, October 6, 2014

Ichsan Kurniawan, Makin Bisa Beradaptasi Dengan Timnas U-19

Ichsan Kurniawan (tengah) bersama Evan Dimas dan Yabis Roni - IST

Seputar Timnas - Nama Ichsan Kurniawan jarang terdengar karena dia belum sepenuhnya mendapat kepercayaan dari pelatih Indra Sjafri untuk masuk skuad utama Tim Nasional Indonesia U-19. Apalagi, dia terbilang baru dibandingkan deretan nama barisan tengah Garuda Jaya seperti Muhammad Hargianto, Zulfandi, Paulo Sitanggang atau Evan Dimas.

Ya, Ichsan tak masuk daftar pemain Timnas U-19 yang sukses menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013. Pemain kelahiran Ogan Komering Ulu Timur pada 25 Desember 1995 ini baru bergabung pada September 2013 setelah mendapat kesempatan mengikuti seleksi Timnas U-19 proyeksi Piala Asia 2014. Tak mengherankan jika nama pemain Sriwijaya FC U-21 ini kurang "membumi".

Ichsan, yang menjadi ikon Generasi Muda Berprestasi Tanpa Narkoba dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, kemudian bisa bergabung dengan Timnas U-19 yang waktu itu sedang menggelar pemusatan latihan di Malang, setelah mendapat surat resmi dari BTN pada 9 September 2013.


Selama masa persiapan menuju putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar yang mulai bergulir 9 Oktober ini, Indra sempat mencoba memainkan Ichsan. Ternyata performanya membuat sang pelatih terkesan lantaran grafik permainannya makin baik di setiap pertandingan.

Ichsan dipercaya tampil penuh saat Timnas U-19 menang 4-2 atas Persebaya Surabaya U-21 di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (24/2/2014). Performanya dianggap jauh lebih baik dibandingkan saat Garuja Jaya bermain 1-1 melawan tim Pra-PON Jawa Timur, Jumat (21/2/2014). Ia merupakan pemain yang diplot menggantikan Muhammad Hargianto, satu dari tiga pilar utama sewaktu Indonesia menjuarai Piala AFF U-19.

"Ichsan makin bisa adaptasi. Saya percaya ini akan dialami pemain lain jika diberi kesempatan," tutur Indra kepada Tribunnews.com waktu itu.

Indra tetap menaruh kepercayaan kepada pemain berusia 19 tahun itu. Alhasil, Ichsan masuk daftar 23 pemain yang diboyong ke Myanmar, untuk mengemban misi membawa Indonesia minimal meraih tiket semifinal, sehingga mimpi bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2015 bisa terwujud.[kompas]

Profil singkat

Nama: Ichsan Kurniawan 
TTL: Ogan Komering Ulu Timur / 25 Desember 1995
Kewarganegaraan: Indonesia 
Tinggi Badan: 168 cm
Posisi: Gelandang