Friday, October 10, 2014

Garuda Jaya Awali "Takdir" di Stadion Thuwunna

 Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar - Wikipedia
Seputar Timnas - Tim nasional (timnas) Indonesia U-19 akan menjemput takdir menghadapi Timnas Uzbekistan U-19 pada Jumat (10/10/2014) pukul 16.00 waktu Indonesia. Kedua tim yang tergabung di dalam Grup B Piala Asia U-19 akan berlaga di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Stadion Thuwunna berada dalam kompleks olahraga Thuwunna Youth Training Centre Stadium di kawasan Thingagyun,  bagian kota Yangon. Stadion milik Kementerian Olahraga Myanmar ini berkapasitas sekitar 50.000 penonton usai pengembangan setahun ini. Awalnya, kapasitas stadion ini cuma 32.000 penonton.

Sejatinya, stadion ini lebih kecil ketimbang Stadion Aung San di kota yang sama. Namun, Stadion Thuwunna jauh lebih populer. Salah satu hal yang menunjang popularitas Stadion Thuwunna yang dibuka untuk umum pada 1985 ini adalah lapangan sepak bola dan lintasa atletik di sekelilingnya.

Catatan menunjukkan, Stadion Thuwunna punya delapan lintasan atletik. Kedelapan lintasan ini adalah kali pertama bagi Myanmar yang berganjar standard internasional dari Federasi Atletik Internasional (IAAF).

Selain stadion untuk sepak bola lapangan rumput, kompleks olahraga Thuwunna juga memunyai stadion ruang tertutup. Letaknya persis di samping Stadion Sepak Bola Thuwunna. Uniknya, stadion tertutup ini juga menjadi yang pertama di Myanmar.

Stadion Thuwunna sempat menjadi lokasi kualifikasi Grup B Piala Asia U-22 pada 23 Juni sampai dengan 3 Juli 2012. Stadion ini juga menjadi tempat berlaga pada ajang Suzuki AFF 2012.

Kini, boleh jadi, penonton Indonesia tengah berdebar-debar menanti laga penting bagi Garuda Muda. Semoga, tim asuhan Indra Sjafri ini berhasil mendapat tuah kemenangan Stadion Thuwunna, tempat resmi sehari-hari Timnas Myanmar U-19.[kompas]