Friday, October 3, 2014

Evan Dimas Masih Jadi Pemain Timnas U-19 dengan Fisik Terbaik

Evan Dimas dan Luis Suarez - IST
Seputar Timnas - Menjelang keberangkatan ke Myanmar untuk tampil di Piala Asia U-19 2014, kondisi kebugaran Timnas Indonesia U-19 terus menunjukkan peningkatan. Terutama dari segi VO2 max Evan Dimas dan kawan-kawan.

"Hasil terakhir VO2 max punggawa Garuda Jaya menunjukkan sudah di atas 60. Ini modal yang bagus untuk kesuksesan di Myanmar nanti," jelas arsitek Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri.

Menurutnya, dari beberapa kali tes fisik yang dilakukan tim pelatih, Evan Dimas merupakan satu-satunya awak Garuda Jaya yang memiliki VO2 max tertinggi, mencapai 66. 

Bahkan, di luar kiper Rully Desrian yang baru bergabung pada pemusatan latihan di Yogyakarta ini, pemain-pemain seperti Rudolof Yanto Basna juga sudah langsung menyentuh angka 60 nilai VO2 max nya saat pertama kali bergabung.

“Dengan kondisi fisik yang rata-rata sudah bagus, mereka sudah siap tampil di Piala AFC U-19,” lanjutnya.

Indra menjelaskan, sisa dua hari menjalani TC sebelum bertolak menuju Myanmar tetap akan terus mengasah penyelesaian akhir dan koordinasi pertahanan. Latihan-latihan variasi dari bola mati juga tampak diinstruksikan pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

“Sengaja ini kami berikan, siapa yang mengambil tendangan bebas dari sisi kiri, tengah, dan kanan. Siapa yang mengambil tendangan bebas langsung. Jadi mereka di Myanmar nanti harus paham dan tidak bertanya-tanya lagi,” papar sang pelatih.

Indra menambahkan, anak asuhnya saat ini sudah melalui berbagai tahapan persiapan. Untuk ke sekian kalinya, dia pun memohon doa restu agar Timnas U-19 bisa berprestasi tinggi dan meraih tiket ke Piala Dunia U-20.

“Ketika masyarakat Indonesia berdoa dan memohon kesuksesan tim ini, hal itu menjadi doa bagi anak-anak di sana. Tentunya doa yang tidak munafik,” pesan Indra.

Timnas U-19 rencananya berangkat ke Myanmar pada 5 Oktober 2014. Sehari sebelumnya, tim rencananya akan melakukan ibadah kurban dengan memotong tiga ekor sapi setelah menjalani sholat Idul Adha. [viva]