Thursday, October 16, 2014

Evan Dimas dan Maldini Takkan Dapat Perlakuan Spesial di Timnas Senior

Evan Dimas - IST
Seputar Timnas - Asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, menegaskan, tidak akan ada perlakukan spesial untuk Evan Dimas dan Maldini. Keduanya juga tidak otomatis menjadi skuat inti timnas senior. 

Evan Dimas dan Maldini tampil memperkuat timnas U-19 di Piala Asia U-19 2014, namun mereka gagal total di turnamen tersebut. Kalah tiga kali, Timnas U-19 tampil sebagai juru kunci Grup B dan jadi satu-satunya tim yang gagal mendapatkan poin di Piala Asia U-19.

Meski demikian, Evan dan Maldini dinilai tampil cukup baik. Pelatih timnas senior, Alfred Riedl, pun telah mengutarakan keinginannya untuk memanggil kedua pemain muda tersebut. Riedl menilai, Evan dan Maldini punya cukup kemampuan untuk bermain di timnas senior.

Namun, seperti dikatakan oleh Pikal, yang merupakan tangan kanan dari Riedl, tidak akan ada perlakuan spesial untuk Evan dan Maldini hanya karena mereka adalah pemain muda. Pikal menuntut keduanya untuk tampil profesional bersama timnas senior.

Jika di timnas U-19 Evan dan Maldini terbiasa masuk starting XI, Pikal mengatakan bahwa tidak akan ada kemewahan seperti itu di timnas senior. Keduanya harus unjuk kemampuan kepada staf pelatih dulu untuk bisa masuk starting XI.

"Kami menilai dua pemain ini wajar bisa bersaing dengan pemain timnas senior lain. Tapi tidak ada perlakukan spesial untuk dua pemain ini. Mereka punya kewajiban dan hak yang sama seperti yang lain. Alasan pemanggilan mereka murni karena teknis dan 100 persen harus profesional," ucap Pikal.

"Kami juga akan melihat bagaimana kedunya bisa bersaing dengan pemain lain di posisinya masing-masing."

Evan dan Maldini dijadwalkan mulai bergabung bersama timnas senior pada 17 Oktober dan akan mengikuti sesi latihan pada pagi dan sore hari.

Piala AFF 2014 akan berlangsung dari 22 November hingga 20 Desember. Sebulan sebelum turnamen itu digelar, yakni pada 22 Oktober, Riedl bakal mengumumkan 30 nama pemain untuk menjalani persiapan jelang turnamen tersebut. Nantinya, hanya ada 23 pemain yang akan dibawa.[detik]