Wednesday, October 15, 2014

Cuma Timnas U-19 Dari Indonesia yang Poinnya Nol

Skuad Timnas - Antara
Seputar Timnas - Usai sudah perjalanan Timnas U-19 di Piala Asia U-19. Segala harapan untuk berbicara banyak di "Piala Dunia-nya" Asia untuk kelompok umur 19 tahun itu sudah pupus. Ilham Udin dkk pulang dengan tangan kosong dari Myanmar. Pasukan Indra Sjafri itu bahkan menjadi satu-satunya tim yang tidak bisa meraih satu poin pun, hasil tiga kali kalah di fase penyisihan Grup B.

Tiga tim lain yang menghuni dasar klasemen setiap grup masih mendapatkan poin. Seperti Iran yang jadi juru kunci Grup A memiliki tiga poin, hasil sekali menang dan dua kali kalah. Lalu Vietnam yang menghuni posisi terbawah Grup C masih punya satu poin hasil sekali imbang dan dua kali tumbang. Kemudian Oman di Grup D juga dengan poin satu hasil sekali imbang dan dua kali keok.

Bukan hanya tidak mampu meraih poin, Timnas U-19 juga menjadi lumbung gol lawan-lawannya. Dari tiga kali bermain, Evan Dimas dkk cuma bisa membuat dua gol dan kebobolan delapan gol. Hasil ini tentu bertolak belakang dengan kemampuan Timnas U-19 selama 2013 lalu. Mereka terkenal agresif, disiplin, tenang dan kolektif.

Namun selama menjalani Piala Asia U-19, Garuda Jaya terlihat kikuk. Jarak antarlini sangat renggang, sisi sayap juga mudah dipatahkan dan lini tengah berulang kali kehilangan kontrol permainan. Mereka seperti demam panggung dan tidak terlihat kepercayaan diri dari tim tersebut.

Sepertinya tim lawan sukses membaca, mempelajari dan menganalisis taktik permainan Garuda Jaya. Apalagi selama 2013, Timnas U-19 memang menarik perhatian, sehingga tim lawan diduga juga sudah mengirimkan mata-mata untuk merekam permainan pasukan Indra Sjafri serta mengkajinya di internal mereka.

Kini tugas Indra Sjafri dan stafnya untuk mengevaluasi secara menyeluruh permainan anak asuhnya. Lalu mencari cara untuk membuat permainan Timnas U-19 kembali efektif, termasuk mengembalikan motivasi Evan Dimas dkk. Maklum, mereka masih muda dan harus masih banyak mendapat bimbingan yang tepat. Juga menyiapkan beberapa pilihan taktik dan rencana permainan untuk mengantisipasi taktik dari tim lawan di masa mendatang.[okezone]