Thursday, September 18, 2014

Timnas U-23 Sudah Kantongi Kekuatan dan Kelemahan Maladewa

Aji Santoso - Liputan6
Seputar Timnas - Setelah meraih kemenangan 7-0 atas Timor Leste pada laga perdana, Timnas Indonesia U-23 kini bersiap untuk menghadapi laga kedua melawan Maladewa. Pelatih Timnas U-23, Aji Santoso, menyebut bahwa kekuatan dan kelemahan Maladewa sudah dikantongi.

Aji mengatakan, bisa bertanding lebih dulu menjadi keuntungan bagi Timnas U-23, karena tim pelatih bisa menyaksikan laga kedua antara Maladewa vs Thailand. Laga itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Thailand.

Tim pelatih pun langsung merekam pertandingan tersebut. Tujuannya jelas, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan kedua tim, terutama Maladewa yang akan dihadapi berikutnya. Melihat laga tersebut, Aji menyebut bahwa Maladewa telah banyak mengalami perubahan.

Pelatih 43 tahun itu menilai Maladewa cukup disiplin dalam bertahan ataupun melakukan serangan balik. Terbukti, mereka mampu mementahkan beberapa peluang yang didapatkan oleh Thailand.

"Gambaran permainannya sudah ada. Mereka cukup disiplin. Apalagi mereka lebih sering bermain bertahan," ungkap Aji.

Rencana terbaik untuk menghadapi Maladewa pun sudah disiapkan. Timnas U-23 akan menggelar latihan Rabu (17/9) sore ini sekaligus menentukan strategi yang dipakai pada pertandingan besok, Kamis (18/9).

"Tapi, saya tetap membuka kelas video. Mereka saya kasih lihat video pertandingan mereka sendiri dan lawan. Kenapa? Agar mereka cepat paham kekurangan apa saja yang mesti diperbaiki. Dengan begitu lebih mudah saat latihan di lapangan, lebih efektif," kata ayah dari lima anak tersebut.

Sebelumnya, setelah mengalahkan Timor Leste para penggawa timnas U-23 diberikan istirahat satu hari. Sementara pemain yang sebelumnya tidak diturunkan pada pertandingan itu tetap melakukan latihan.

Berkat kemenangan 7-0 atas Timor Leste, Timnas U-23 kini menempati urutan pertama Grup E dengan nilai 3. Sementara Thailand ada di posisi kedua dengan koleksi nilai yang sama.[detik]